Senin, 26 Desember 2011

Saya seorang wanita, sudah banyak orang laki-laki yang mau lamar,tapi hati saya selalu menolak karena tidak cocok. di saat saya cocok dengan seseorang, kendalanya ada aja. apa saya harus memaksakan diri untuk menikah dengan orang yang saya tidak cocok?

Pertayaan : Bagaimana hukumnya kalau seorang wanita tidak menikah dan tidak ditaqdirkan Allah untuk menikah sampai akhir hayatnya, sedangkan dia puya kemauan untuk menikah. apa ini merupakan kesalahan wanita itu, apa memang ini kehendak Allah yg hrs diterima dengan ikhlas .

JAWAB :
Kecocokan pasangan hidup bisa dinilai dari segi agama dan fisik. Jika Anda telah cocok dari dua segi tadi, begitu juga calon pasangan Anda, maka itu adalah pasangan terbaik bagi keduanya. Namun jika yang Anda dapati hanya kecocokan agamanya bukan fisiknya, mungkin ada suatu kebaikan yang telah ditetapkan Allah SWT untuk Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda melangsungkan pernikahan dari pada mempertahankan untuk tidak menikah hingga akhir hayat, karena dalam pernikahan ada suatu hikmah yang besar. Pilihlah pasangan yang baik dari segi agama, keturunan dan keluarga serta mempunyai akhlaq yang mulia.

Dan perlu diketahui bahwa untuk lebih memantapkan tentang cocok atau tidaknya sebelum anda memutuskan lakukan dulu istikharah, jadi janganlah kamu memutuskan lebih dulu sebelum dilakukan istikharah. Karena kecintaan bisa timbul setelah seringnya kita bertemu dan mengetahui perilakunya apabila dalam istikharah itu mendapatkan petunjuk baik menurut Allah maka sebaiknya diterima, karena Allah lebih mengetahui akhir dari setiap kehidupan manusia, baik atau tidaknya dan cocok atau tidaknya. Ingat Allah yang menciptakan kita dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dan yang perlu direnungkan adalah sabda Rasulullah SAW. sebagai berikut:

شِرَارُكُمْ عُزَّابُكُمْ وَأَرَاذِلُ مَوْتَاكُمْ عُزَّابُكُمْ

“ sejelek-jelek kalian adalah yang tidak mau melaksanakan pernikahan, dan sehina-hinanya mayit-mayit kalian adalah yang tidak pernah menikah (di atas dunia)“

Karena orang yang tidak menikah di dunia pastinya nihil dari doa anak-anak yang sholeh. Oleh karena itu langsungkan pernikahan dengan orang-orang yang tepat utamanya dari segi agama, keturunan dan keluarganya.
Posted by Uswah On 1:38 AM 2 comments

2 komentar:

  1. mana yang lebih baik,baik dan tidak baik antara menikahi sepupu,orang lain dan kerabat selain sepupu?

    BalasHapus

Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan Anda, Insya Allah Segera Kami Balas

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog