Senin, 26 Desember 2011

1. apakah kalimat-kalimat berikut termasuk kalimat yg membuat jatuh talak/cerai walaupun si suami tidak berniat menceraikan istrinya tapi cuma marah2 tidak karuan dan sudah lupa berapa kali Pengucapkannya?

a.nyesal aku nikah sama kamu
b.kayaknya aku belum pantes nikah seharusnya aku mondok pesantren dulu sebelum nikah sama kamu
c.ya sudah kamu ngapain aja kek terserah aku gak mau ngurus. Aku tinggal pergi mondok aja kamu.
d.kenapa sih aku bisa dapat istri bodoh seperti kamu

2.bila kalimat2 diatas menyebabkan jatuh talak 3 kali bagaimana cara suami kembali ke istri bila si suami tdk mau berpisah dengan istri.

JAWABAN :

Kalimat untuk talak dibagi menjadi dua, yaitu :

Shorih : kalimat yang tidak memungkinkan untuk selain talak, seperti aku talak kamu, kamu tertalak, dan lain-lain. Kalimat-kalimat ini jika diucapkan langsung jatuh talak baik dengan niat talak atau tanpa niat.

Kinayah yaitu : kalimat yang memungkinkan untuk talak dan selainnya, seperti : pulanglah ke rumahmu, kamu bukan istriku, bagimu talak dan lain-lain. Kalimat-kalimat ini jika diucapkan tidak jatuh talak kecuali dengan niat talak.

Kalimat-kalimat yang anda sebutkan di atas termasuk kinayah talak, sehingga tidak jatuh talak kecuali dengan niat talak. Dan jika diucapkan tiga kali dengan niat talak, maka jatuh talak tiga. Untuk kembali lagi dengannya disyaratkan 5 persyaratan, yaitu :

Telah habis masa iddah talak dari suami pertama.
Menikah dengan orang lain dengan pernikahan yang sah.
Telah melakukan hubungan badan dengan suami kedua.
Telah ditalak oleh suami kedua atau ditinggal mati.
Telah habis masa iddah dari suami kedua.

Ulama’ sepakat bahwa talak tetap jatuh walaupun diucapkan dalam keadaan marah.
Ada tiga perkara, yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menjadi sungguhan dan yang dilakukan dengan berguraupun menjadi sungguhan adalah: NIKAH, TALAK, RUJU'

المفتاح لباب النكاح / 37-38

الصريح في الطلاق كل لفظ لم يحتمل غير الطلاق وهو ثلاثة الفاظ : الطلاق والفراق والسراح وما اشتق منها كقوله طلقتك لو انت مطلقة او طالق او يا طالق او فارقتك او انت مفارقة او سرحتك او انت مسرحة. كناية الطلاق هي كل لفظ احتمل الطلاق وغيره كقوله لزوجته : الحقي باهلك، لست لي بزوجة، حبلك على غاربك، انت بائن ، لك الطلاق ، لك طلقة ، انا منك طالق ، وما اشبه ذلك.
فالصريح يقع به الطلاق سواء نوى به الطلاق ام لا، الا اذا اراد حكاية كلام غيره او تصوير الفقيه للطلاق او صرفته قرينة قوية كأم كانت موثقة فحلّ وثاقها وقال لها : الآن طلقتك قاصدا اطلقتك من الوثاق فلا يقع . واما الكناية فلا يقع بها الطلاق الا ان نواه .

المفتاح لباب النكاح / 37-38

حكم الطلاق لببائن بينونة كبرى انها لا تحل له الا بخمسة شروط : انقضاء عدتها منه، ونكاحها غيره نكاحا صحيحا، ودخول الغير بها والمراد بالدخول ايلاج حشفته او قدرها من مقطوعها في فرجها بشرط الإنتشار ، وبينونتها من الزوج الثاني، وانقضاء عدتها منه. فاذا نكحها بعد استجماع هذه الشروط عادت له بثلاث طلقات اخرى وتجب لها حال العدة ما يجب للبائن بينونة صغرى.

تحفة المحتاج في شرح المنهاج – (ج 8 / ص 32)

{ لَا طَلَاقَ فِي إغْلَاقٍ } وَفَسَّرَهُ كَثِيرُونَ بِالْإِكْرَاهِ كَأَنَّهُ أُغْلِقَ عَلَيْهِ الْبَابُ أَوْ انْغَلَقَ عَلَيْهِ رَأْيُهُ وَمَنَعُوا تَفْسِيرَهُ بِالْغَضَبِ لِلِاتِّفَاقِ عَلَى وُقُوعِ طَلَاقِ الْغَضْبَانِ قَالَ الْبَيْهَقِيُّ ، وَأَفْتَى بِهِ جَمْعٌ مِنْ الصَّحَابَةِ وَلَا مُخَالِفَ لَهُمْ مِنْهُمْ
قوله: (وفسره) أي الاغلاق قوله: (قال البيهقي الخ) إثبات للاتفاق قوله: (وأفتى به) أي بوقوع طلاق الغضبان وقوله ولا مخالف الخ أي فكان إجماعا سكوتيا
Posted by Uswah On 1:10 AM 112 comments

112 komentar:

  1. Suami saya marah2 gak karuan kemudian dia bilang " kamu bukan istriku lg". Tp setelah marahnya reda dia lupa tadi mengatakan apa.apakah kata2 itu termasuk talak? Tlg dibalas.trims

    BalasHapus
  2. Suami q bilang kalo sudah tidak betah cari orang lain aja lagi,apa itu termasuk talak?

    BalasHapus
  3. ass.......suamiku bilang kalau aku ingin tidur d rumah ortuku ,tidurlah disana tp aku tdk ikut tidur dirumah ortumu,apakah itu termasuk talak

    BalasHapus
  4. ass.......suamiku bilang kalau aku ingin tidur d rumah ortuku ,tidurlah disana tp aku tdk ikut tidur dirumah ortumu,apakah itu termasuk talak

    BalasHapus
  5. Jk seorg suami menyuruh plg istriy dlm keadaan marah apkh itu trmsuk talak.?

    BalasHapus
  6. bagimana hukum mengucapkan kata talak dengan kata " talak,talak,talak,talak" ? apakah jatuh talak 1 atau lebih !

    BalasHapus
  7. Kalau suami berkata "nanti aku pecat jadi anak buahku" dengan artian aku pecat sebagai istri, apakah itu termasuk talak

    BalasHapus
  8. Apa kah kalau suami berkata terserah lanjut/kita udahan,apa itu bisa di bilang jatuh talak?
    Tolong di bales.
    Makasih

    BalasHapus
  9. kalau suami saya mngaktakan " ak tinggal pulang kamu ke rmah bpk ibu ku dan tidak akan kmbali ksini lgi" ap it trmsuk talak.?? dia mngucapkannya pada saat dia marah marah sma sya...

    BalasHapus
  10. "akan sya tinggal kmu plang krmah bpk ibuku dan tak akan kmbali kermah ini lgi" ap it trmsuk talak.??

    BalasHapus
  11. ketika suami yang sudah punbya istri mengaku bujang,talak jatuh apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tdk jtuh krna suami diperbolehkn mnikah lagi 2 3 &4 apabila mmpu.. Pndpt sj gk tau yg sbnrx.

      Hapus
    2. Jika suami menyuruh istri untuk mengurus surat cerai. Apakah itu termsuk talak

      Hapus
    3. Jika suami menyuruh istri untuk mengurus surat cerai. Apakah itu termsuk talak

      Hapus
  12. Jika suami nyuruh istrinya kawin lg, dan dia mengaku telah menyesal telah menikahi istrinya apakah sdh termasuk talak?

    BalasHapus
  13. Jika suami berkata "sudah mulai sekarng kita jalani masing masing saja" apa itu termasuk talak? Mohon di jelaskan trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami saya juga baru saja bilang seperti ini mbak. YaAllah, hancur rasanya

      Hapus
    2. Suami saya juga baru saja bilang seperti ini mbak. YaAllah, hancur rasanya

      Hapus
  14. Suami mrh2 nyuruh bungkus baju dan tidak usah plg lagi, apa itu termasuk talak

    BalasHapus
  15. saya punya kakak laki laki. pada tahun 2004 dia bertengkar dengan istrinya lalu berkata pergi kamu dari sini dan silahkan ikut ibumu. kemudian tahun 2012 dia kembali bertengkar dan mengusirnya lagi sampai di seret seret dan berkata pergi kamu saya sidah tidak mau mengurusmu lagi. dan tahun 2016 kemaren mereka bertengkar lagi dan sang suami berkata ingin bercerai. belum lagi yang masalah berantem yang lain. apa itu semua sudah masuk talak tiga? mohon penjelasannya karna sekarang mereka mau rujuk

    BalasHapus
  16. Suami saya pernah berkata, " kalau kamu tetap seperti itu aku sudah gak kuat lagi".
    Dia juga pernah berkata " carilah orang yang kerjaannya enak. Jangan kayak aku ".
    Apa semua itu termasuk talak ?

    BalasHapus
  17. jika istri A diusir suami B.keduanya tidak lagi tinggal bersama tp sesekali suami menemui istri A.hal itu berjalan selama 1thn lebih.dan selama itu istri hanya mendapat nafkah lahir dari suami.setahun kemudian suami B mentalag istri A.yg saya tanyakan termasuk talak berapa yg suami B lakukan

    BalasHapus
  18. Klo suami bilang kita udahan aja yu yank, dy zgha ucapin it saat dy marah av kah talak jatuh. Mohon di blas.

    BalasHapus
  19. Apabila suami bilang kita udahan aja yu yank, dy ucapin it saat dy marah av kah jatuh talak.
    Mohon jawaban nya.

    BalasHapus
  20. Klo suami bilang kita udahan aja yu yank, dy zgha ucapin it saat dy marah av kah talak jatuh. Mohon di blas.

    BalasHapus
  21. Sy brtengkAr,dn diA bilang ingin cerai dgn sy,sudh 3x bertengkar dn dlm 3x pertengkaran itu,ia mngucapkan talak pd sy saat marah,saat menuju pulAng,ia sadar,ia ingin sy kmbali dn mnjadi istrinya,bagaimana hukumnya

    BalasHapus
  22. Istri minta cerai trus pdhal kali di benarkan suwami tidak nalak istri itu slah paha krna bicaranya lwat hpon jdi kedegrnya istri nalk tpi istri minta cerai trus trus suwami di slah kn trus bagae mnkh cara memchkn permslhnya ini Mhon di bantu..

    BalasHapus
  23. Jika suami marah2 dan mengatakan kamu bosan dengan saya, apakah sudah termasuk talak?

    BalasHapus
  24. Jika seorang suami telah berkata'saya talak kamu 1x... apa secara agama itu sah cerai ? Atau di anggap talaq 1 ?
    Lalu mereka rujuk hanya dengan minta maaf tanpa saksi dan ucap ijab kabul apa itu sah rujuk ? Tolong penjelasan nya...??

    BalasHapus
  25. Jika seorang suami telah menjatuh kan talaq 1x ucap...apakah itu bisa di sebut cerai atau talaq 1 ?
    Lalu rujuk hanya meminta maaf tanpa saksi dan ijab kabul lagi...apa mereka masih sah sebagai suami istri ?

    BalasHapus
  26. Jika suami menyumpahi istri dengan kalimat "mendapatkan suami yang bla bla bla..." Apakah jatuh talak atau tidak?

    BalasHapus
  27. Jika suami menyumpahi istri dengan kata "ku sumpahin kau mendapat suami yg bla bla bla..." APakah termasuk jatuh talak?

    BalasHapus
  28. Jika suami menyumpahi istri mendapatkan suami yg bla bla bla... Apakah sdh jatuh talak?

    BalasHapus
  29. Kau suami bilang kamu tak layak jd istri saya itu ber ulang kali lisam mau pun tulisan dgn keadaan marah apa itu termaksut talak?

    BalasHapus
  30. Pas kita lagi bertengkar trz suami bilang ke istri "kamu mau pisah" tp istri diam aja gak jawab apapun tuh uda talak blm?

    BalasHapus
  31. Pas kita lagi bertengkar trz suami bilang ke istri "kamu mau pisah" tp istri diam aja gak jawab apapun tuh uda talak blm?

    BalasHapus
  32. Maaf mw tanya kalau suami bilang "mungkin kita tidak dpat melanjutkan ini" itu termasuk talak atau tidak?bagaimana hukumnya dlm islam? Mohon penjelasan

    BalasHapus
  33. Mohon penjelasannya
    Kalau suami bilang lewat whatsapp "mungkin kita tidak dapat melanjutkan ini" itu termasuk talak atau tidak?dan bagaimana hukumnya dalam islam?

    BalasHapus
  34. Jika suami bilang#jika aq tidak ada hubungan dgn dia kau ku campakkan.. Krn istri mnuduh ny selingkuh.. Apa it termasuk talak... Mohon jawabam ny

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum ...
    Saya ingin bertanya, suami saya sering sekali mengucapkan hal (yang pada dasarnya talak) jika saya melakukan sesuatu yg dilarangnya. Tapi, dalam hal ini saya sebagai manusia biasa sering kali lupa dan dan hilap apakah aku melakukan sesuatu yg dilarangnya atau tidak. Bagaimana kalo begitu? Terimakasih....

    BalasHapus
  36. Kalo suami bilang sudah tidak mencintai lagi apakah jatuh talak

    BalasHapus
  37. Suami saya bilang klo kamu masih bahas ibuku yaudah kamu gak usah sama saya lagi. Dan saat itu kami sedang bertengkar apakah itu termasuk talak ?

    BalasHapus
  38. Kalau suami bilang tidak cocok lagi dengan istri termasuk talak atau bukan

    BalasHapus
  39. kemarin saya bertengkar sama suami. tiba-tiba suami bilang " lama-lama gak betah aku sama sifat mu" apa itu termasuk talak??

    BalasHapus
  40. kemarin saya bertengkar sama suami. tiba-tiba suami bilang " lama-lama gak betah aku sama sifat mu" apa itu termasuk talak??

    BalasHapus
  41. Kalau bilang nanti saya antar pulang kerumah orang tua mu itu talak apa bukan ya?

    BalasHapus
  42. Kalau kata katanya "berhenti jadi istri kalau merasa gitu"
    Apakah termasuk kata kata talak. Karena saya menjawabnya dengan kalimat, "INI mau berhenti jadi istri.

    BalasHapus
  43. Kalau kata katanya "berhenti jadi istri kalau merasa gitu"
    Apakah termasuk kata kata talak. Karena saya menjawabnya dengan kalimat, "INI mau berhenti jadi istri.

    BalasHapus
  44. gua mah ogah rela. mantan bini dipake orang laen trus cere, dinikahin lagi.....ogaaaaaah.......

    BalasHapus
  45. gak sanggup dah nerima mantan istri yg udah diobok2 laki2 laen

    BalasHapus
  46. amit2 dah bini dioper2 gitu kalo talak 3. sakit....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya klo mo ngomong talak dipikirin dulu bang

      Hapus
  47. Saya mau tanya , saya sama suami sempat bertengkar hebat. Suami sampai bilang kalo kita bercerai siapa yg bakal mau sama kamu . apakah itu sudah trmasuk talak . mhon d bls ya , trmkasih

    BalasHapus
  48. Suami saya bilang gaek aku talak kau apakah itu sudah jatuh talak

    BalasHapus
  49. Jika suami bilang terserah kamu saat kita minta diceraikan...apakah itu sudah talak?? Atau suami bilang kamu urus sendiri...karena kamu yang minta cerai...mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  50. Kalau suami bilang, ikut org lain aja sana, itu termasuk talak apa bukan yaa? Tolong dijawab

    BalasHapus
  51. kalau suami bilang saya tinggalkan kamu ,apakah itu termasuk talak

    BalasHapus
  52. suami aku sedang emosi dan berkata "aku bisa sendiri pun , mau sama aku silahkan gak mau sama aku bodo amat " dia berbicara memakai bahasa sunda " daeh heug teu kajen " .. apa arti nya itu ?

    BalasHapus
  53. Jika suami saya berkata "bilang dengan ibumu, jika di izinkan, besok kau ku cerai" apa itu sudah jatuh talak?

    BalasHapus
  54. Suami saya marah lalu bilang saya sudah cape cari makan buat kalian seraya menunjuk saya dan anak saya?, apakah jatuh talak???

    BalasHapus
  55. Jika suami lgi marah2 terus berucap kita pisah,apakah termasuk talak

    BalasHapus
  56. Asslmkm, maaf mo nanya jika suami sudah pasrah kesalahan selama jd suami, trs mendoakan semoga dengan lepas dari saya(suami) u(istri) bisa hidup lebih baik, titip anak2.
    Suami diwaktu itu jg sudah bilang kalo saat itu posisi sudah jadi orang lain, setelah bilang kalo mo lepas ya diurus secepatnya, saya(suami) tidak akan mempersulit. Semoga kelak u(istri) mendapat pendamping yg bisa mencikupi u(istri) dan anak2.. Posisi sedang dalam pisah rumah.
    Apa kata2 itu jg udh masuk talak?
    Mohon penjelasannya..
    Wassalamualaikum wr.. Wb...

    BalasHapus
  57. Asslmkm, maaf mo nanya jika suami sudah pasrah kesalahan selama jd suami, trs mendoakan semoga dengan lepas dari saya(suami) u(istri) bisa hidup lebih baik, titip anak2.
    Suami diwaktu itu jg sudah bilang kalo saat itu posisi sudah jadi orang lain, setelah bilang kalo mo lepas ya diurus secepatnya, saya(suami) tidak akan mempersulit. Semoga kelak u(istri) mendapat pendamping yg bisa mencikupi u(istri) dan anak2.. Posisi sedang dalam pisah rumah.
    Apa kata2 itu jg udh masuk talak?
    Mohon penjelasannya..
    Wassalamualaikum wr.. Wb...

    BalasHapus
  58. Saya sedang berselisih dengan suami saya , dalam whatsapp dya berkata "kalo kamu mau pergi, pergi saja cari suami yang bisa ngertiin kamu"apakah itu sudah termasuk talak ? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  59. Apabila suami berkata.. ya sudah semua terserah kamu...kamu nikah cari laki2 lain yang kaya... apa itu termasuk talak???? Mohon penjelasannya karna buka sekali duakali

    BalasHapus
  60. Suamiku bilang aku campakan kau. Apakah itu termasuk talak

    BalasHapus
  61. Suami saya selalu bilang
    Ya sudah mulai sekarang kita masing" apa itu termasuk talak

    BalasHapus
  62. Kalau suami bilang jangan hubungi dia lagi, apa itu termasuk talak? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  63. Asslmkm,suami sya sudah 2tahun tidak bekerja.klo tdk memberi nafkah bagaimana.dan selalu bilang pasrah dan terserah itu bagaimana mohon penjelasannya

    BalasHapus
  64. klo suami sya marah trus bilang aku menesal menikah dengan kamu, apakah itu termasuk talak?

    BalasHapus
  65. klo suami sya marah trus bilang aku menesal menikah dengan kamu, apakah itu termasuk talak?

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum saya mau bertanya saya dengan suami bertengkar lalu terucap kata selesaikan semua sangkut pautnya antara aku dan kamu apakah itu trmasuk talak jazakumukairon katsiron��������

    BalasHapus
  67. Saat saya ribut sama suami lewat medsos dan saat itu saya minta cerai kemudian dia bilang terserah kalau mau cerai dari saya karna saya udah cape sama kamu
    Itu ucapan suami saya
    Apakah itu sudah termasuk jatuh talak dalam islam

    BalasHapus
  68. Saat saya berantem sama suami lewat medsos dan saat itu saya minta cerai
    Dan suami saya jawab silahkan kalau mau cerai dari saya karna saya juga dah cape sama sikap kamu apakah itu udah termasuk jatuh talak menurut islam

    BalasHapus
  69. Saya smpat cekcok sama suami
    Dia bilang urus surat cerai biar ku tanda tangani
    Apa itu trmasuk talak

    BalasHapus
  70. Maaf saya mau nanyak klau ssorang suami bilang "sebenernya aq hampa hidup sama kmu" Apakah itu dah termasuk kata" Talak mohon d jawab

    BalasHapus
  71. jika suami mengatakan jijik kepada istrinya dengan sadar, apakah itu termasuk talak?
    mohon dibalas

    BalasHapus
  72. Suami bilang dalam bhasa jawa rk sh ng kene mneh rono nek meh ngulon ngulon (rumh ortu) apkh itu jtoh talak

    BalasHapus
  73. jika suami berkata "aku sudah tidak mau lg sama dia,,dia mau ku ceraikan" apakah itu sudah termasuk talak,,??

    BalasHapus
  74. Suami pernah berselingkuh tp dia berkata seperti ini "klo sudah tidak percaya lg sama saya" ya sudah jgn diteruskan, itu jatuh talak atau bertanya??

    BalasHapus
  75. Boleh bertanya jika ada seorang istri pergi dan seorang suami bercucap setrah kmu kemana aku gak akan cari cari kamu lagi.
    Apa itu termasuk talak ?

    BalasHapus
  76. Kalau kata-kata "mulai sekarang hidup sendiri-sendiri tak usah kamu mencariku" apa itu termasuk talak untuk perkawinan siri

    BalasHapus
  77. Ketika saya bertengkar dengan suami dia berkata jika saya sakit hati atas sikap nya maka tinggalkan dia..
    Apa kah kata tinggalkan itu termasuk talak !! Mohon jawaban nya

    BalasHapus
  78. Jika suami sudah mengucapkan "lebih baik tidak serumah lagi, jangan hubungi lagi dan pulangkan kamu" apakah itu sudah talak?

    BalasHapus
  79. Jika suami menyuruh istrinya untuk pulang ke rumah orang tua nya dan jangan kembali lagi ke rumah . Apakah itu talak?
    Perkataan tersebut sudah di ucapkan 2x

    BalasHapus
  80. Jika istri bilang jika kau gak mau makan ini kau bukan sumamiku... Apa itu bermasalah... Tolong di jawab ya..

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum, mau bertanya ustadz/zah, kalau suami mengatakan Jngn lg km kesini (di rumahnya), buat pusing sy aja.Aku nggk mungkin peduli lg ama km. Apakah ucapan suami itu sudah jatuh talak? 🙏

    BalasHapus
  82. Apakah bilang ke orang tua istri (pak,bu maaf saya mau pulangin istri saya) apkah itu udah jatuh talak

    BalasHapus
  83. Kalo suami Blang apa mau kmu pisah? Terserah psah mki tdk ad mi urusnku. Termasuk talak nggk yah?

    BalasHapus
  84. Saya dan suami sedang berselisih Di whatsapp, suami saya bilang " kita hidup sendiri sendiri " apakah itu termasuk jatuh talak? Terina kasih atas jawabanya

    BalasHapus
  85. Saya sedang berselisih dengan suami Di whatsapp lalu suami saya bilang " kita hidup sendiri sensitive saja " apakah itu sudah termasuk jatuh talak? Terima kasih atas jawabanya

    BalasHapus
  86. Saya sedang berselisih dengan suami Di whatsapp lalu suami saya bilang " kita hidup sendiri sensitive saja " apakah itu sudah termasuk jatuh talak? Terima kasih atas jawabanya

    BalasHapus
  87. Muka kamu mirip dengan nenek ku itu termasuk talak??

    BalasHapus
  88. Jika dalam keadaan bertengkar, lalu kemudian suami bilang kalau kamu tidak mau ikut saya maka kita urus hidup masing*, apakah sudah jatuh talak?

    BalasHapus
  89. Kalau suami bilang "kamu seperti bukan istriku tapi seperti adik" apa jatuh talak?

    BalasHapus
  90. Jika suami mengatakan saya sudah tidak bisa hidup dengan kamu lagi saya tidak sanggup saya kembalikan kamu ke orangtuamu apa itu sudah jatuh talak..???

    BalasHapus
  91. Klo suami blg utk istri haram kau...apakah udh jatuh talak?

    BalasHapus
  92. Suami ku mengaku sudah talak 3 kepada wanita lain apa itu termasuk talak

    BalasHapus
  93. saya mau tanya, saya kan berusaha menyadarkan istri saya agar jadi lebih baik, istri saya tertekan kalau aku membenarkan masalah rumah tangga .tetapi istri saya bilang ke aku.."jujur aku ga cinta sama kamu, knpa?" gitu apa itu talak? dan saya juga kalau memberi saran selalu salah..dan dia selalu judes seakan2 aku teman dia..bukan suami dia..trmksih

    BalasHapus
  94. saya mau tanya, saya kan berusaha menyadarkan istri saya agar jadi lebih baik, istri saya tertekan kalau aku membenarkan masalah rumah tangga .tetapi istri saya bilang ke aku.."jujur aku ga cinta sama kamu, knpa?" gitu apa itu talak? dan saya juga kalau memberi saran selalu salah..dan dia selalu judes seakan2 aku teman dia..bukan suami dia..trmksih

    BalasHapus
  95. Jika suami mengucapkan "mulai hari ini ku bebaskan kau dan tidak ku anggap sebagai istri lagi, jalani hidup masing2" melalui WA apakah sudah jatuh talak?

    BalasHapus
  96. Kalau suami bilang.. Semoga bisa dapet yg lebih baik lagi. Apa itu termasuk talak?

    BalasHapus
  97. Bila suami mengatakan saya mau cerai apakah sdh jatuh talak???

    BalasHapus
  98. Jika suami menawarkan istrinya kepada laki2 lain melalui sms apakah jatuh talak

    BalasHapus
  99. .ka klo misalkan suami bilang "udahan aja, percuma dilanjut juga rumah tangganya gaakan jdi ibadah" atau "yaudah, sekarang mah kita masing-masih aja cape kaya gini terus" itu jatuh talak ngga yaa?

    BalasHapus

Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan Anda, Insya Allah Segera Kami Balas

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog