Senin, 26 Desember 2011

Urusan Jodoh itu ditangan Allah SWT, nah lalu bagaimana cara mengenali jodoh dalam islam. Tips ini berguna bagi anda yang sedang mencari jodoh,

Tanda jodoh dalam Islam itu adalah “3M”. Apa itu?

Siapa yang paling bisa Memaklumi, Memaafkan dan Memotivasi kita ke arah yang lebih baik dan mendorong kita juga untuk lebih giat beribadah kepada Allah. Insya Allah itu jodoh kita

Jadi kalau mau mencari jodoh, carilah yang bisa melakukan 3M diatas supaya hubungan cinta dapat langgeng dan tidak tercerai berai alias cerai. Jadi jodoh itu jangan berdasarkan nafsu (ganteng, kaya, dsb) tapi haruslah berdasarkan Islam (kuat aqidahnya, rajin ibadah dan indah akhlaknya).

Menikah adalah menjalankan sunnah Nabi, sesuai dengan fitrah manusia. Hikmah yang dapat diambil kalau sunnah Nabi ini dijalankan adalah munculnya ketentraman jiwa. Dengan pernikahan akan tumbuhlah kecintaan, kasih sayang, dan kesatuan antara pasangan suami isteri. Dengan pernikahan, keturunan umat manusia akan tetap berlangsung semakin banyak dan berkesinambungan.

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram bersamanya, dan dijadikanNya diantara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda (kekuasananNya) bagi kaum yang berfikir”. (QS. Ar-Ruum:30).

Menikah bisa menjadi wajib, sunnah, haram, makruh atau mubah. Wajib bagi orang yang sudah mampu kawin, nafsunya telah mendesak dan takut terjerumus dalam perzinahan. Sunnah bagi orang yang nafsunya telah mendesak lagi mampu kawin, tetapi masih dapat menahan dirinya dari berbuat zina. Dan menikah baginya lebih utama. Haram bagi seseorang yang tidak mampu memenuhi nafkah batin dan lahirnya kepada isteri dan bisa menahan nafsunya. Makruh bagi mereka yang lemah syahwat, dan mubah bagi yang tidak terdesak oleh alasan-alasan yang mengharamkan, mewajibkan, menyunahkan dan memakruhkan (Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah jilid 7)

Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada kita tentang wanita seperti apa yang harus dipilih:

“Seorang perempuan biasanya dinikahi karena empat perkara: Harta, nasab, kecantikan dan agamanya. Maka utamakan memilih wanita yang beragama, kamu akan merugi (bila tidak memilihnya).” (HR. Bukhari)

Wanita, yang memiliki empat-empatnya memang langka. Tapi diakhir hadits tersebut ditekankan pada yang agamanya baik. Karena wanita yang shalihah Insya Allah akan dapat menjadi isteri dan ibu yang baik buat anak-anaknya. Untuk mendapatkan wanita shalihah di jaman seperti sekarang ini memang gampang-gampang susah. Rasa-rasanya jauh lebih banyak yang tidak/belum shalihah. Yang jelas, wanita shalihah tidak akan mungkin didapat di jalanan, di tempat-tempat hiburan, atau di tempat maksiat. Mereka biasanya akan mudah ditemui di masjid-masjid, mushala, pengajian-pengajian atau di tempat-tempat yang di dalamnya sarat dengan aktivitas keIslaman. Karena Islam tidak mengenal pacaran, maka untuk mendapatkan calon isteri adik bisa minta bantuan teman, orang tua, atau orang yang dapat dipercaya. Kalau benar-benar dia wanita shalihah Insya Allah akan memahami cara yang adik lakukan. Satu hal yang harus selalu diingat bahwa jodoh seseorang Allah yang mengatur. Kalau selama ini usaha yang adik sudah lakukan belum mendapatkan hasil jangan putus asa, teruslah mencoba dan berdoalah agar diberikan jodoh yang terbaik.

Dalam pernikahan ada syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Salah satunya adalah kerelaan calon isteri. Wajib bagi wali untuk menanyai terlebih dahulu kepada calon isteri, dan mengetahui kerelaannya sebelum diaqad nikahkan. Perkawinan merupakan pergaulan abadi antara suami isteri. Kelanggengan, keserasian, persahabatan tidaklah akan terwujud apabila kerelaan pihak calon isteri belum diketahui. Islam melarang menikahkan dengan paksa, baik gadis atau janda dengan pria yang tidak disenanginya. Akad nikah tanpa kerelaan wanita tidaklah sah. Ia berhak menuntut dibatalkannya perkawinan yang dilakukan oleh walinya dengan paksa tersebut (Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah jilid 7).

“Janda lebih berhak kepada dirinya sendiri (memberikan keputusan tentang pernikahan) dari pada walinya. Dan gadis hendaknya dimintai izinnya dalam perkara dirinya. Dan izinnya adalah diamnya”. (H.R. Jama’ah, kecuali Bukhari)

Allah swt berfirman dalam QS : Ar Ruum : 21
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

Sudah menjadi sunatullah bahwa Allah menciptakan semua makhluknya berpasang-pasangan dan semua manusia pasti ada jodohnya tergantung ikhtiar dari manusia itu sendiri ataupun takdir Allah. Karena setiap takdir itu ada yang mutlak (sudah menjadi ketentuan Allah), kita sebagai manusia hanya bisa menerimanya dan satu lagi adalah takdir ikhtiari yaitu takdir yang memang bisa diperoleh dengan jalan ikhtiar atau usaha yang sungguh-sungguh

Ikhtiar yang bisa dilakukan oleh seorang Muslimah dalam mencari jodoh :

1. Berdoa kepada Allah agar diberikan jodoh yang baik, misalnya dengan shalat hajat. Allah telah berjanji dalam firmannya bahwa Muslim yang baik akan mendapatkan Muslimah yang baik dan laki-laki yang buruk akan mendapatkan wanita yang buruk pula, maka tugas seorang muslimah adalah berusaha untuk menjadi Muslimah yang baik, berikhtiar dengan sungguh-sungguh dan berdoa kepada Allah agar mendapatkan jodoh yang baik dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…..(QS : An Nuur : 26)

2. Meminta kepada orang tua/wali untuk dicarikan jodoh yang baik. Dalam Islam sebenarnya masalah jodoh bagi muslimah bukanlah menjadi tanggung jawab diri sendiri tetapi menjadi tanggung jawab orang tua ataupun wali.

Bahkan pada masa Rasulullah saw, pemerintah bertanggungjawab untuk mencarikan jodoh bagi muslim dan muslimah pada masanya. Sehingga seorang muslimah tidak perlu mencari sendiri jodoh untuk dirinya. Pendekatan/khalwat yang dilakukan sebelum ikatan pernikahan dengan alasan untuk saling mengenal antara keduanya tidaklah sesuai dengan nilai-nilai Islam. Bahkan pendekatan ini tidak selalu menjamin menjadi rumah tangga yang langgeng karena biasanya pendekatan yang dilakukan sebelum pernikahan lebih mengedepankan sisi subjektivitas antara keduanya.

3. Melalui mediator misalnya teman, saudara atau orang lain yang dapat dipercaya. Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri) nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya. …(An Nuur : 32-33)

4. Mencari sendiri dengan syarat tidak boleh langsung tetapi bersama pihak ketiga, Rasulullah saw. pernah memberikan kriteria untuk menentukan pilihan pasangan hidup bagi seorang muslim/ah yang apabila dilaksanakan insya Allah rumah tangga Sakinah mawaadah warahmah akan dirasakan, Amin…

"Apabila datang laki-laki (untuk meminang) yang kamu ridhoi agamanya dan akhlaknya maka kawinkanlah dia, dan bila tidak kamu lakukan akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas". (HR. Tirmidzi dan Ahmad) à untuk muslimah

Wanita dinikahi karena empat faktor, yakni karena harta kekayaannya, karena kedudukannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah kedua tanganmu. (HR. Muslim) à untuk muslim

5. Jangan putus asa…. Jodoh adalah masalah ghoib yang menjadi rahasia Allah, sebagai manusia hanya bisa berikhtiar dan berdoa. Bagi muslimah yang belum mendapatkan jodoh jangan berputus asa, tetaplah berikhtiar dan berdoa. Sudah menjadi janji Allah bahwa semua makhluknya akan berpasang-pasangan. Hanya Allah yang maha tahu kapan waktu yang tepat untuk jodoh kita masing-masing.

Sebagai tambahan penjelasan masalah jodoh menurut pandangan Islam sbb.,

Untuk persoalan jodoh, setiap orang hendaknya bersungguh-sungguh, baik laki-laki maupun perempuan harus proaktif dan selektif. Tidak ada dikotomi bahwa laki-laki harus mencari dan perempuan harus menunggu (ikhtiar), namun tidak keluar dari norma dan syariat.

Di zaman Rasulullah SAW, ada seorang perempuan yang ‘menawarkan’ dirinya pada Rasulullah, dan Rasul-pun tidak memandang hal itu sebagai sesuatu yang hina atau tabu. Hanya saja, kini kita berada pada budaya yang masyarakatnya masih memandang hal itu sebagai sesuatu yang tidak etis, sehingga perempuan-perempuan Indonesia untuk persoalan jodoh lebih banyak berperan menunggu dibandingkan ‘mencari’.

Agar pernikahan bersemi dengan indah, maka dalam memilih jodoh hendaknya kita sangat mengutamakan ajaran Islam, seperti yang dipesankan Rasulullah SAW. “..lihatlah agamanya maka kalian akan mendapatkan semuanya…”. Dengan memiliki pasangan yang agamanya baik dan benar, maka rumah tangga kita akan menjadi sakinah, mawaddah dan warahmah.

Akan tetapi harus diingat apabila ada seorang perempuan menawarkan dirinya secara terang-terangan, hal itu merupakan sikap yang kurang ahsan (etis).

“Penawaran itu sah-sah saja, manakala tidak secara langsung, misalnya lewat perantara pihak ketiga. Biar bagaimanapun kita berada pada masyarakat timur yang masih sangat memegang adat dan etika,”.

Jodoh, memang merupakan misteri kehidupan, karena untuk hal yang satu ini terkadang membuat seseorang sangat bimbang dalam menentukan keputusannya. Jangankan untuk menerima seseorang menjadi pasangan hidupnya kelak, dalam persoalan menerima tawaran ta’aruf saja terkadang masih terlalu banyak ‘kriteria’ yang dipakai.

Sampai-sampai kriteria yang dipasangpun sudah tidak memenuhi kriteria syar’i lagi, seperti : harus yang ‘smart’, tinggi, putih, cantik, ganteng, kaya, sarjana, dan lainnya. Tidak salah memang untuk memasang kriteria seperti itu, hanya saja menurut beliau hendaknya kita tidak mempersulit diri untuk persoalan ini.
Persoalan fisik adalah titipan dari Allah SWT, saya meminjam istilah Aa Gym, kita tidak pesan sama Allah waktu mau dilahirkan! biar hitam asal hatinya putih, biar pendek asal akhlaknya tinggi, biar kurang ganteng asal taqwa, biar kurang cantik tapi sholehah.

Proses untuk memperoleh jodoh yang baik juga menjadi ukuran. Menurut Islam, “laki-laki yang baik adalah untuk perempuan yang baik dan perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik (pula) (QS. An Nuur (24): 26). Bisa diartikan bahwa jika kita seorang laki-laki yang baik maka kita akan mendapatkan istri yang baik demikian sebaliknya. Inginkah kita dipandang sebagai seseorang yang baik dalam pandangan Islam?

Jika demikian, mulailah dari sekarang untuk memperbaiki diri agar menjadi lebih baik. “Mendapatkan pasangan yang baik dapat diukur dengan niat kita untuk berumah tangga. Maksud saya, kita harus benar-benar dalam kondisi keimanan yang prima saat ingin melaksanakan pernikahan dan ukurannya adalah niat berumah tangganya. Jangan sekali-kali berniat menikah saat niatnya belum lurus. Hal itu akan mempengaruhi hasil dari pasangan yang akan kita dapatkan.

Saat niat dan kondisi keimanan sudah prima maka silahkan berencana untuk menikah. Mulailah dari sekarang untuk menyusun strategi dan taktik agar mendapatkan pasangan yang sesuai dengan idealisme. Strategi dan taktik ini merupakan bagian dari proses yang harus dijalani secara Islami. Salah satu proses itu adalah ta’aruf (perkenalan), dalam proses ini harus dijalani secara ma’ruf. Agar proses ta’aruf menjadi ma’ruf, maka diperlukan kesabaran yang cukup.

Ta’aruf (perkenalan) terkadang tidak menjadi jaminan kita akan langsung dapat menikah. Sekali gagal coba lagi, gagal lagi coba lagi, demikian hingga akhirnya kita mendapatkan pasangan yang sebenarnya yang bersamanya kita dapat membina keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.

Jangan sia-siakan pernikahan, sungguh-sungguhlah dalam menggapainya. Hmm, seandainya di dunia ini ada syurga, syurga itu adalah pernikahan yang bahagia”. Rasulullah SAW pun berkata ‘Baiti Jannati”, rumahku syurgaku. Kebahagiaan merupakan hal yang relatif. Tiap orang mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Namun saya yakin kebahagiaan yang hakiki dapat kita peroleh hanya dengan jalan-Nya.

Ingin memiliki rumah tangga yang bisa kita jadikan syurga kita didunia??? Ikutilah petunjuk Rasul. Lihat agamanya niscaya kalian akan mendapatkan semuanya”.
Posted by Uswah On 1:19 AM 75 comments

75 komentar:

  1. Assalamualaikum...

    Waahh,, postingan yang bagus. Terima kasih :)

    Wassalamualaikum ..

    BalasHapus
  2. Postingannya bagus mas, tapi saya masih bimbang tentang apa yang akan saya mau pilih coz dia tidak cantik tapi agamanya bagus.

    sebaiknya bagaimana?
    Apakah bila aku memilih dia rezeki dan rumah taggaku akan baik?
    Makasih ya . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. afwan saya menyimak.. dia solehah.. nah tinggal liat karakternya akhlaknya juga lihat dan secara dari diri anda anda menyukainya atau tdk... kalo udah suka ya udah maju.. 'mnurut saya si itu)

      Hapus
  3. mbak hesti : terima kasih kunjungannya mba hesti.. :)

    mas wisa : kalo sudah cinta, maka apalah arti rupa? :) mantapkan hati dulu.. kecantikan fisik juga diperlukan utk keturunan dgn fisik yg cantik pula, namun cantik agamanya akan membawa pada cantik wajahnya, minimal menyejukkan ketika memandang cantik akhlaknya :)

    BalasHapus
  4. saya bingung, ada 2 pria yg mencintai sy dan berharap bisa hdup bersama sy. keduanya sgt baik n agamanya bgus. slh satunya adalah pacar sy. kami sudah lama berhubungan. maaf, sy tau pacaran tidak ada dlm islam. sy salah. namun, sy bingung. datang pria 2, agama nya lebih baik dan anak berbakti. akademi pun lebih baik dr pcr sy. dan cukup umur. dy siap menikahi sy. dia jg tidak setuju dg pcran. sy senang dia memilih sy. tp sy merasa sy tidak pantas mendapatkannya. seperti yg disinggung, muslim baik mendapatkan muslimah baik. sy merasa tidak cukup pantas untuk sebutan muslimah baik. dan, sy benar2 tidak kuasa untuk menyakiti pacar sy. slma pacaran, dy sgt baik n perhatian. hatinya benar2 tulus. sy sgt mengenalny. n dia menghormati kehormatan sy. sy merasa nyaman. ap yg harus sy lakukan dalam pandangan islam? trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (kalo mnurut aku si ya.. mba condongnya kmana.. ) istiharoh aja minta ptunjuk insyallah allah bti ptunjuk dari jalan mana pun. insyaallah.. mungkindari kecondongan hati atau hal2 yang allah tunjukan ygv menjadikan mba condong dan tidak condongnya ksiapanya(itu kalo mnurutku)

      Hapus
  5. saya bingung, ada 2 pria yg mencintai sy dan berharap bisa hdup bersama sy. keduanya sgt baik n agamanya bgus. slh satunya adalah pacar sy. kami sudah lama berhubungan. maaf, sy tau pacaran tidak ada dlm islam. sy salah. namun, sy bingung. datang pria 2, agama nya lebih baik dan anak berbakti. akademi pun lebih baik dr pcr sy. dan cukup umur. dy siap menikahi sy. dia jg tidak setuju dg pcran. sy senang dia memilih sy. tp sy merasa sy tidak pantas mendapatkannya. seperti yg disinggung, muslim baik mendapatkan muslimah baik. sy merasa tidak cukup pantas untuk sebutan muslimah baik. dan, sy benar2 tidak kuasa untuk menyakiti pacar sy. slma pacaran, dy sgt baik n perhatian. hatinya benar2 tulus. sy sgt mengenalny. n dia menghormati kehormatan sy. sy merasa nyaman. ap yg harus sy lakukan dalam pandangan islam? trimakasih.

    BalasHapus
  6. mbak nana: keyakinan itu tidak akan bisa diruntuhkan dgn keragu-raguan... kalau mbak nana sudah yakin kpd pria yg kedua, ada baiknya diselesaikan dulu urusan dgn pacar mbak nana, pacar mbak nana harus ikhlas jika mbak nana ingin mbak nana ingin menikah dgn lelaki yg kedua yg diyakini kebaikan akhlaknya, perbanyak solat hajat mohon supaya urusan perjodohan segera diberikan solusinya oleh Allah..

    maksud dari ayat tersebut "org baik utk org baik", adalah urusan masa depan, yang mana keduanya memiliki iktikad kuat memperbaiki kehidupan dan sama2 ikhlas utk membangun pernikahan yg sakinah mawaddah rahmah, dan memiliki keturan yg lebih baik dan berkualitas, dan itulah makna sekufu yg hakiki, bukan urusan pantas atau tidak pantas lebih baik atau lbh buruk, krn tidak ada manusia yg sempurna, maka tidak ada pula manusia yg lepas dr kesalahan, semoga bisa mencerahkan dan segera diberi kemudahan oleh Allah :)

    BalasHapus
  7. subhanallah... indah sekali postingya,,,,mas...

    mas saya mwu tanya saya sudah 2 th pcaran sm pcar saya,, dan kami berniat untuk menikah,, ttpi,, saya kurang yakin sama pacar saya,, karena saya merasa bhwa dy bkan lki" yg berakhlak baik.. bagaimana ya mas caranya untuk memutuskan dya tanpa harus menyakiti hatinya??? karena saya ingin menikah itu memang tulus karena ALLAH bkan NAFSU SEMATA,, bagymna ya mas saya bingung?? saya benar-benar perang batin,, krn sya sudah terlanjur sayang sma pacar saya..

    mohoon sulusinya mas.... :)

    BalasHapus
  8. Asalamualaikummm.....??

    baguuus mas.. postinganya ,,saya senang membacanya..

    BalasHapus
  9. putri: takaran akhlak kurang baik bagaimana menurut putri? memang cinta membuat orang buta, dan pernikahan yang membuka mata kita.. keputusan ada di tangan putri, konsultasikan dengan orang tua karena orang tua adalah penasihat terbaik :)

    BalasHapus
  10. assalamualaikum,saya sangt bingung memilih seorg pasangan hdup.ada dua org pria yg ingin serius dngn saya,yang satu seorang gru,saya mngenal nya saat saya berada di pondok pesantren modern dan dia sbgai ustad.dia sngt mngerti akan agama, bahkan dia sering mnasihati saya, dia anak yatim piatu dan hidup sendri.tapi saya kurang mncintai dia dngn tulus .cnta saya malah sllu berpihak pda pria yg satunya lagi dia seorg pria biasa mesipun dia tdk mngrti agama tapi dia punya keahlian dalam bekerja,dia sangat mngrti dengan keadaan dan kesehatan saya.bahkan saya sudah sangat dekat dengan keluarganya . saya sangt bingung memilih siapa diantara mereka yang terbaik.mohon solusinya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilihan yang beragama itu adalah yg terbaik..kerna seorang laki-laki yg punya agama yg baik maka seluruh hidupnya akan ikut baik.

      Hapus
  11. assalamualaikum
    ada dua org pria yang ingin serius dngn sya pria yg prtma dia adalah seorg gru madrasah dan dia yatimpiatu hidupnya sllu sndiri. sya mngenalnya wktu sya mnjdi sntri d sebuah pondok pesntrn. dia mnjadi gru B.Arab, dia sangat mngrti agma sering mnasihati saya ktika saya mlakukn ksalahn dan mngajari banyak hal.Tapi saya tdk trllu syng dan mncntanya, saya malah lebh mnyayangi dan mncntai pria yng kdua dia org biasa tak mngrti agama lbih, tapi dia punya keahlian dlm bekrja. saya benar" bingung memilih kedua org tersebut.mohon solusinya ya mba

    BalasHapus
  12. assalamualaikum wr.wb.
    saya dulu sering berpacaran dan mengalami kegagalan bahkan saya sering sakit hati karna putus cinta atau karna lelaki yang bersama saya tak kunjung menikahi saya.Saat ini saya tidak lagi mau berpacaran karna saya takut untuk gagal.oleh sebab itu saya sekarang lebih banyak berdoa agar ALLAH segera mempertemukan saya dengan jodoh yg baik agar saya tak perlu lagi lama-lama pacaran tapi saya bisa segera menikah.Mbak apakah cara saya ini benar?adakah doa khusus agar ALLAH bisa segera mengabulkan doa saya agar bisa segera bertemu jodoh saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar dan ikhlas..perbanyakkan solat istikhorah..Allah itu Maha ngerti ap yg kita butuhi.cpt atau lambat itu dalam kuasaNYA..mgkin aje Allah pingin mbak mira,lebih dekat dan lbh banyak berdoa n mgkin Allah msh mau dgar doa n permintaab mbak padaNYA.sabar yang banyak mbak..mg Allah permudahkan mbak..ameeen,,

      Hapus
  13. assalamualikum..
    perkenalkan sy deni umur 30 th sudah bekerja dihotel tinggal dibandung..sy sdg mencari calon istri yg baik hatinya.insyaalloh yg mau taaruf bisa sms atau tlp 085720044905 pin bb 29d4af43.

    BalasHapus
  14. assalamualaikum
    perkenalkan nama sy deni umur 30 th sdh bekerja disalah satu hotel dibandung..sy tinggal dibandung..sdg mencari calon istri yg baik hatinya..insyaalloh yg mau taaruf bisa sms atau tlp 085720044905 atau pin bb 29d4af43..

    BalasHapus
  15. semoga segera mendapatkan jodoh yang terbaik..

    BalasHapus
  16. assalamualaikum, saya heni raflian umur 35th ingin membina suatu hubungan secara islam, kalau bisa saya ingin bertaaruf. saya mencari pria muslim yang bertanggung jawab, pekerja keras dan insya allah bisa mengimami saya 081399694020

    BalasHapus
  17. semoga segera mendapatkan jodoh.. amiin..

    BalasHapus
  18. assalamualaikum,,,
    maaf mau tanya,kalau di jodoh kan sma orang tua,tp wanita itu terpaksa karana pengen menyenangkan hati orang tua dan pengen jadi anak sholehah gmna?

    BalasHapus
  19. salah satu syarat sah menikah bagi calon suami/istri adalah keridoannya dlm menjalani rumah tangga atau dlm kata lain tidak ada keterpaksaan dalam menikah,

    jika si wanita ingin menyenangkan hati org tua, tunggu dulu... ini butuh perincian, selama org tuanya menjodohkan dgn seseorang yg benar2 baik din-nya/akhlaknya serta tdk ada tendensi apa2 terhadap si lelaki (misal: dijodohkan krn tendensi matrealistis, keturunan ningrat, dsb) maka sah sah saja, dan si wanita ini hrs membulatkan tekat untuk konsisten trhdap niatnya menyenangkan org tua, artinya boleh menikah dgn tujuan menyenangkan hati org tua, asal dia berkomitmen trhdp pilihan hidupnya dan mampu menjadi istri yg baik serta tidak mengungkit ungkit kpd suaminya tentang pernikahannya, misal: "aku menikahimu krn org tuaku/kalo saja aku tidak menuruti org tuaku aku gak mungkin nikah sama kamu, dsb", krn hal smacam ini akan menyakiti hati suami..

    intinya, kalo ikhlas birrul walidain dgn jalan ridlo trhdp pilihan org tua, mengapa ada redaksi "terpaksa?"

    BalasHapus
  20. apakah jodoh bisa bergeser, bila telah dtng sosok yang baik namun karna kesalahpahaman maka terputus jodohnya, apakah begitu kuat kita menolak jodoh dapat mengalahkan perjodohan dari Allah?
    saya pernah mendengar kalau jodoh maut dan rejeki telah ditentukan oleh Allah tapi dapat kita usahakan, namun hanya kematian yang tidak dapat berubah, benarkah tentang ini?
    bila tentang di atas benar lalu apakah benar tetang jodoh yag dapat berseser/berganti, terimakasih sebelumnya?

    BalasHapus
  21. Asalamualaikum. .
    Banyak orangtua yang melarang pernikahan disebabkan pasangan/repok kelahiranya tidak cocok, misal senin dan sabtu. Bagaimana islam memandang tradisi tersebut dan apa hukumnya?

    BalasHapus
  22. pusing gw kalau udah mikirin nikah,
    UDAH PUSING GW .
    3 HAL DIDUNIA.
    1.JODOH.
    2 REJEKI.
    3.MATI

    udah mati masih ada kehidupan lagi,.
    ujung2nya ANTARA SURGA DAN NERAKA.

    BalasHapus
  23. salam..
    sy mau nanya..dalam islam pacaran itu ngak ada,iya kan?atau lbh tepat islam ngak mengijinkan kita pacaran?kalu bisa sy mau tahu dalilnya.maksudnya dalil alquran atau hadis nabi..soalnya,sering aja mrk yg pacaran ngak percaya agama kita itu ngak bisa berpacar.tlg ya..mas..makasih yer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. AL-QUR'ANAl-Isra`: 32

      “Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina)itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

      Hapus
  24. Posting yang sgt bagus..!! Saya mo tanya. Saya pacaran belum terlalu lama tapi saya berniat untuk menikah? Tp smkin dekat dg waktu yang saya rencana knp saya smkin ragu sma calon saya? Apa qr2 yang hrus saya lakukan?

    BalasHapus
  25. Dalam islam tidak ada kebaikan bagi wanita. Jika suaminya di dunia tidak selingkuh maka alloh nya akan memaksanya selingkuh dgn memberi 72 bidadari sebagai upah kesolehannya di dunia terutama teroris mati syahib. Tidak ada akhir yg indah bagi wanita muslim. Kalau bukan di dunia sakit hati maka di sorga itu pasti terjadi karena alloh sudah menulis di quran. Itulah ajaran yg kamu banggakan...tapi jika mau murtad maka islam akan memenggal kepalamu..itulah ajaran yg kamu banggakan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, jangan sok tau :) yuk aku ajak belajar sejarah, banyak baca ya :)

      Hapus
    2. Maaf saudara jangan mengkaji dan menafsirkan sesuai dengan seenaknya..antum coba tanya sm orang yang berilmu..ana jadi ketawa terbahak liat tulisan ente yg senonoh..

      Hapus
  26. hanya orang kafir yang berputus asa dari rahmat Allah

    BalasHapus
  27. artikel yang menarik... terimakasih

    BalasHapus
  28. Sya sk bgt dg postinganya,sgt bmnfaat.oy sya mw tny.gmn iktiar mcri jdoh yg baik,sy orgny agk kuper sm lawan jenis / cow,sdgkn ktny kl mw cpt jdoh hrs byk bgaul.mksdny itu bgaul sm lwan jnis ato gmna? Dl sdh sring dknalin sm tmn2 sy tp gda yg co2k. Nah kira2 apa yg hrus sya lkukan sgb wnta utk mdpt jdoh yg baik slain bgaul dg lwan jnis?

    BalasHapus
  29. Sy adl cew yg kuper dg laki2, nah sy mw tny,bgmn mndptkb jdoh utk wnita sprti sy,sdgkn ktny klo mw cpt dpt jdoh hrs sring byk bgaul.bgaul yg sptti apa? Terima kasih sblmny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bergaulah bersama Allah swt 5x sehari + shalat sunah.... bergaulah bersama mahram...janganlah mencari yang cocok tampang dan fisik mengikitu hawa nafsu..tp crlah yang beragama prantara teman2 mahram anda yg mengerti agama dan bisa lewat irang tua anda..orang tua anda ks tau kpd orang tua anda kriteria anda insaalla orang tua anda crin yg terbaik krn mmng itu sebagian tugas irang tua anda.lebih dan krngnya moho maaf.semoga bermanfaat.

      Hapus
  30. Mau nanya:
    Aku mencintai seorang wanita, tapi dia gak begitu merespon saya. Tiap kali saya sms gak dibalas padahal smsnya terkait sebuah agenda dan dia akan balas sms ketika saya tulis di hostagenya segera konfirmasi gitu. kalau gak gitu dia gak akan balas sedangkan kalau selain saya dibalas memang dulu kayaknya saya pernah mengucapkan sesuatu yang mungkin gak suka dia. Apa yang harus saya lakukan? Apakah aku harus mempertahankan dia atau cari yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.minta maaf klu antum mrs bersalah
      2.anda sdh cb mempertahankan tp tdk direspon mmng membingunkan.

      Sy jg prnh ngalamin hal tersebut dan sy dl tau diri berati dia tdk sk sm sy jdx sy cr yg lain dan Allah menyetujuinya dengan yg baru dan Alhamdulillah diluar perkiraan sy doa sy dikabulkan dengan yg lebih baik.

      Hapus
  31. comennya asik asik kwan sya uga mau gabung,,,,

    BalasHapus
  32. assalamu alaikum wr wb. bagaimana kita yakin kalo dia adalah jodoh yang telah dipersiapkan tuhan bagi kita??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solat istikhara..pelajari dulu adab2 solat istikhara dan hati2 belajar cr solat istikhara lewat google krn bnyk orng2 usil yg rubah dngn mengyrangi dan menambah adab2nya...sebisanya belajar lewat ustad atau beli buku tata cara solat fardu dan sunal yg di akui penerbitnya.semoga bermanfaat

      Hapus
  33. Assallamualaikum, saya mau tanya sekarang ini ada 2 orang laki-laki yang berniat menikahi saya, yang 1adalah pacar saya, kami pacaran kurang lebih 7 tahun, orangnya sangat baik, dan pengetahuan agamanya ckup bagus, orang tua kami pun sudah saling kenal tetapi dia belum memiliki pekerjaan yg menetap, sementara laki2 yg ke 2 kami hanya taaruf via hp skitar 5 bulanan, kami belum pernah bertemu tapi dari taaruf selama ini saya bisa, menarik kesimpulan bahwa orangnya juga baik dan pengetahuan agamanya juga bagus juga punya pekerjaan tetap dan dia sudah berkali-kali mengutarakan maksud untuk datang meminang. Dari mereka berdua kata hati saya lebih cenderung ke laki2 yg ke 2 tpi saya juga tidak bisa mengabaikan laki2 1, saya minta sarannya apa yang harus saya lakukan karna saya juga ingin cepat berumah tangga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta pendapat sama Allah swt lewat solat sunah istikhara.

      Hapus
  34. Subhanallah ini artikel yg sdah lama saya cari,barokallah... ({}) :-)

    BalasHapus
  35. Bingung ya allah beri hamba kekuatan untuk memilih yg beragama

    BalasHapus
  36. Jazakillah ukhti.. Jmn skrg sgt susah mncari calon yg brprinsip ta'aruf, dn lbh byk yg memilih pacaran
    Sy krg setuju jk pernikahan didasarkn cinta manusia, seharusnya didasarkan cinta kpd Allah. Yg slh kaprah, byk sekali insan yg mencari cinta melalui jln yg tdk diridhoi, pacaran,berkhalwat dgn dalih mencari tahu apakah ia jodoh kita atau bkn. Dlm Islam cinta hny boleh dikatakan pd pasangan yg sdh menikah, kpd tmn & saudara muslim, dan kpd orgtua.
    Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut, tetapi cinta adalah anugerah Allah yang indah dan suci, jika manusia dapat menilai kesuciannya. Islam sangat menjaga kesucian cinta, sehingga tidak ada istilah pacaran. Tak perlu pacaran, karena jodoh sudah diatur. Yang terpenting adalah kita menata diri kita menjadi orang yang baik, dan insya Allah jodoh kita pun baik. Allah akan memberikan pasangan jiwa yang sesuai dengan kita, jika ingin dapat yang baik akhlaknya, maka sibukkan diri dgn mmperbaiki akhlak.. Indahnya cinta saat ia dibangun brsama olh kedua insan dlm ikatan suci pernikahan dgn tujuan brsm2 mencari ridho Allah SWT semata..
    Wallahu a'lam..

    BalasHapus
  37. bagus juga ni posting "I like it a post of you " thank sya jdi tau , gimna mencari jodoh yg baik itu'

    BalasHapus
  38. Sya mau tyk tolong jawaban nya,,, sya pacaran sudah 6 th, dan sya pgen pacar sya itu menjadi istri sya,, tp sekarang ini pacar saya malah selingkuh karana kami berdua sempat bertengkar,, dan sya mengetahui kalau pacar sya selingkuh,,, sekarang sya bingung harus apa putus atau lanjut, kalau putus sya masih syang dg pacar sya, kalau lanjut hati dan fikiran sya slalu teringat pada saat dia selingkuh,,, pacar sya sangat mencintai sya, dan dia berjanji akan berubah, dan pingin nikah dg sya,, sudah hampir satu bulan ini sya bingung harus mengambil keputusan apa,, tolong kawan2 berikan sran dan masukannya,,,

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum

    Saya mau tanya?
    Saat ini saya sedang menjalani hubungan dengan seorang perempuan, kami terpaut usia yg sama, kami sudah berjalan 1 tahun lebih .. saat ini pacar saya sedang dalam tekanan karna sering di banyolin tentang nikah, sama tetangga, bibi dan saudaranya.. pacar saya merespon dan sekarang ia bingung, sedangkan disatu sisi dia sayang dan ingin terus bersama sama saya? Bagaimana cara menyikapi hal ini?

    BalasHapus
  40. kerabat saya ingin sekali mengenalkan saya kepada saudaranya, sebenarnya sih dia baik, ibadahnya rajin, pekerja keras dan mapan namun kami berbeda 16 tahun, jika ingin menunggu setelah saya lulus lalu apa yang harus kami lakukan selanjutnya ? karena sejujurnya saya belum mengenal dia lebih dalam. apakah kami harus saling berkenalan/taaruf dulu hingga saya lulus agar bisa saling memiliki kecocokan atau harus menunggu hingga saya lulus tanpa melakukan apapun

    BalasHapus
  41. saudara saya ingin mengenalkan saya ke kerabatnya, kami terpaut 16 tahun dan saya 1 tahun lagi akan lulus sekolah. jika saya dan dia menunggu selama 1 tahun lalu apa yang harus kami lakukan dalam waktu itu ? apakah kami bertaaruf/perkenaln dulu hingga memiliki kcocokan atau kami hanya diam saja sampai 1 tahun itu berlalu ? karena sejujurnya saya belum mengenal dia

    BalasHapus
  42. Saya sedang dijodohkan oleh orangtua saya dengan seorang laki2 yang umurnya berbeda 10 diatas saya tapi saya ragu dan tidak mau menerima perjodohan tersebut. Insya allah pria tersebut memiliki akhlak baik. Tapi ketidakmauan orangtua saya di tentang orang tua. Irang tua menginginkan saya menikah dengannya . saya jadi semakin bingung, mohon solusinya.

    BalasHapus
  43. saya ingin bertanya,
    saya dijanjikan nikah oleh mantan saya, dia org yg pintar mengaji dan sudah hafal juz 29-30,, menurut sy itu sudah cukup baik utk menjadi calon suami sy. meskipun dy pny kekurangan yaitu menuntut sy dan slalu melihat kekurangan sy, sy tetap menerima dy karna sy sayang dan ingin diterima pula.
    Namun dia meninggalkan saya, tidak jadi melancarkan rencana menikah dgn saya, alasan dia ingin mencari calon istri yg agamanya lbh baik dari sy, pdhl sy tidak merasa background agama sy buruk, dulu pun dia tidak muluk2 dan mencari istri asal bisa mengaji dan rajin shalat, saya dipilih olehnya dan saya senang. Saya berkerudung menutupi dada, namun dia ingin mencari yg berkerudung lebar sampai pinggang, sempat jg menyebutkan ingin menyuruh saya memakai cadar namun sy menolak karna tidak wajib menurut sy.
    Utk alasan itulah dy tdk jd menikahi sy, padahal saya slalu menerima kekurangan dy, dan sy jg mau belajar utk trus menjadi lbh baik, sy sangat sakit hati ketika dy blg ingin mencari wanita lain yg blm tentu bs menerima dia apa adanya seperti saya.
    Apa yg harus sy lakukan? saya merasa menjadi rendah diri karna selalu dinilai dari kekurangan saya

    BalasHapus
  44. Assallamualaikum .mau tnya akhi/ukhty admin.
    ketika pilihan seorang anak dg orang tua berbeda itu bagaimna menyikapi nya?padhal sy merasa bahwa pilihan sya sudah bulat dan yakin yang kuat untuk ke jenjang pernikahan dg perempuan pilihan sya..
    alasan orangtua kurang setuju karena perempuan pilihan sy beda wilayah dg sya, shg orang tua merasa belum siap ktika anak nya menikah dg org jauh (contohnya antara kampung a dng kota) ?
    mhon pencerahan nya akhi/ukhty . .
    syukron. .

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum wr,wb.saya janda beranak 2 yang pertama umur 16 thn dan yang kecil umur 5 thn. Singkat cerita ada laki2 muslim guru ngaji mengajak Sya ta'aruf tapi guru ngaji itu knl duluan karena dia ada rasa suka sm anak Sya tapi setelah dia tau anak Sya Msh kecil dia berhenti menyukai anak Sya dan mengajak saya ta'aruf karena dia lg mencari seorang istri. Sya hrs bagaimana? Mohon saran nya. Wassalam

    BalasHapus
  46. kalo kita cuma milihh yang sholiah ... gimana yang beragama islam tapi blum tobat2? apakah itu juga termasuk sikap egois untuk memilih wanita yang suda jelas2 soleh? kenapa kita tidak memilih wanita yang msih blum di jalan yang lurus dan meluruskan nya? bukankah itu malah mendapat pahala ang melimpah? memilih wanita yang soleh memang sangat baik

    BalasHapus
  47. Assalammualaikum, mau tanya ustadz, saya sekarang lg berhubungan dengan cewe yg sudah tidak mempunyai kedua orang tua, tapi dia di besarkan oleh orang tua angkatnya dan dia jg punya adik laki-laki di kampungnya, sedangkan orang tua saya sendiri menanyakan ke saya bagaimana asal-usul perempuan yg saya sukai tersebut baik dr agama maupun silsilah keluarganya, nah itu yg saya takutkan menceritakan ke orang tua saya, sedangkan si perempuan tersebut agamanya oke lah tp nasab atau orang tua nya sudah tidak ada, bagaimana menurut ustadz atau masukan dr ustadz sendiri mengenai hal ini. Terimakasih, wassalammualaikum.

    BalasHapus
  48. Saya pernah satu organisasi dengan seseorang yang baik akhlaknya lembut tuturnya dan baik ibadahnya selama 2 tahun.
    Dia selalu memberi nasehat2 yang baik tentang sunnah2 agama dll. Saya senang dan nyaman jika dia memberi nasehat akhlak dan kepribadiannya,,dan ibadahnya hingga saya menyukainya secara diam2 dan saya hnya bisa berdo'a untuk kebaikan saya maupun dia.
    Setelah 4 taun saya sibuk kerja diluar daerah dan lama tidak bertemu. Tiba2 saya mendapatkan kabar bahwa dia telah menikah. Saya gembira tapi hati saya berasa sakit. Karena diam2 saya mencintainya tapi takdir Allah berkata lain.
    Sekarang masalahnya bagaimana saya bisa melupakannya karena dia sudah menjadi suami orang lain.?
    Dosakah saya masih mencintainya.?
    Sedang saya selama 4 tahun diluar daerah selalu bermimpi tentangnya.
    Saya tidak mau menyakiti laki2 lain yg ingin serius dgn saya jika saya masih menyimpan rasa ini.
    Tolong solusinya ya kaka ��

    BalasHapus
  49. Saya pernah satu organisasi dengan seseorang yang baik akhlaknya lembut tuturnya dan baik ibadahnya selama 2 tahun.
    Dia selalu memberi nasehat2 yang baik tentang sunnah2 agama dll. Saya senang dan nyaman jika dia memberi nasehat akhlak dan kepribadiannya,,dan ibadahnya hingga saya menyukainya secara diam2 dan saya hnya bisa berdo'a untuk kebaikan saya maupun dia.
    Setelah 4 taun saya sibuk kerja diluar daerah dan lama tidak bertemu. Tiba2 saya mendapatkan kabar bahwa dia telah menikah. Saya gembira tapi hati saya berasa sakit. Karena diam2 saya mencintainya tapi takdir Allah berkata lain.
    Sekarang masalahnya bagaimana saya bisa melupakannya karena dia sudah menjadi suami orang lain.?
    Dosakah saya masih mencintainya.?
    Sedang saya selama 4 tahun diluar daerah selalu bermimpi tentangnya.
    Saya tidak mau menyakiti laki2 lain yg ingin serius dgn saya jika saya masih menyimpan rasa ini.
    Tolong solusinya ya kaka ��

    BalasHapus
  50. Saya pernah satu organisasi dengan seseorang yang baik akhlaknya lembut tuturnya dan baik ibadahnya selama 2 tahun.
    Dia selalu memberi nasehat2 yang baik tentang sunnah2 agama dll. Saya senang dan nyaman jika dia memberi nasehat akhlak dan kepribadiannya,,dan ibadahnya hingga saya menyukainya secara diam2 dan saya hnya bisa berdo'a untuk kebaikan saya maupun dia.
    Setelah 4 taun saya sibuk kerja diluar daerah dan lama tidak bertemu. Tiba2 saya mendapatkan kabar bahwa dia telah menikah. Saya gembira tapi hati saya berasa sakit. Karena diam2 saya mencintainya tapi takdir Allah berkata lain.
    Sekarang masalahnya bagaimana saya bisa melupakannya karena dia sudah menjadi suami orang lain.?
    Dosakah saya masih mencintainya.?
    Sedang saya selama 4 tahun diluar daerah selalu bermimpi tentangnya.
    Saya tidak mau menyakiti laki2 lain yg ingin serius dgn saya jika saya masih menyimpan rasa ini.
    Tolong solusinya ya kaka 😯

    BalasHapus
  51. Postingannya sangat bagus dan bisa meringankan pikiran saya. .
    Q pengen tanya. . Q dikenalkan oleh kakak pr saya ke temanya . Katanya dia baik rajin ibadah sopan santun dan biasanya adzan di musholla q dan dia lebih tua saya 5 bulan. Tapi dia tidak rupawan(jelek). Dan orang tua q suka yg tampan atau yg biasa yg penting tidak jelek. Tpi dia sudah mapan sudah punya rumah sendiri dan punya pekerjaan. Dan q merasa ragu dan bimbang. Tolong jawabannya terimakasih

    BalasHapus
  52. Postingannya sangat bagus dan bisa meringankan pikiran saya. .
    Q pengen tanya. . Q dikenalkan oleh kakak pr saya ke temanya . Katanya dia baik rajin ibadah sopan santun dan biasanya adzan di musholla q dan dia lebih tua saya 5 bulan. Tapi dia tidak rupawan(jelek). Dan orang tua q suka yg tampan atau yg biasa yg penting tidak jelek. Tpi dia sudah mapan sudah punya rumah sendiri dan punya pekerjaan. Dan q merasa ragu dan bimbang. Tolong jawabannya terimakasih

    BalasHapus
  53. Saya mau nanya suka sama seseorang dia juga suka sama saya kita saling suka tapi umur kita samaan malahan duluan aku beda beberapa bulan, trus ada yang bilang katanya ngga boleh seumuran laki laki harus lebih tua dari perempuan apa benar?

    BalasHapus
  54. Assalamu alaikum.
    Postingannya bagus, masih adakah adminnya.?
    Saya mau bertanya.

    BalasHapus
  55. Hey there just wanted to give you a quick
    heads up and let you know a ffew of the pictures aren't
    loading correctly. I'm not sure why but I think its a linking issue.
    I've tried it in two different internet browsers annd both show the same results.

    BalasHapus
  56. dulu di jabar thn 2001 saya tergila gila dg seorg cewe namanya Nur rumahnya timur bendungan andir ciparay bdg, saya ngejar dia sampai 2thn sampai thn 2003, sampai saya putus asa dan ingin bunuh diri tp saya ditolak habis habisan. saya nekad melamar dia saya ditolak. saya terpaksa nyari cewe lain nama nya yani, di desa paseh majalaya bdg , saya dihajar org. saya thn 2005 nyari cewe lain, di kampung saya di jawa tengah nama nya mulyati, saya dibohongi teman. saya beberapa thn berhenti nyari cewe, thn 2015 nyari cewe lagi di kampung saya, namanya izzah saya ditolak lagi. hidup kok kejam bngt. pdhl saya baik dan jujur dan suka bantu org tp nasib saya sial bngt. teman teman saya suka mabok dan ugal ugalan tp mrka mudah dapat cewe. saya sdh 12 thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah. sebelum nya thn 1997 nyari cewe dkt pabrik tempat saya kerja, namanya tety saya ditolak. thn 1998 nyari cewe, namanya siti di ciroyom saya difitnah teman, teman bilang kpd cewe saya sdh nikah di jateng, pdhl blm. nyari cewe yg sepabrik dg saya, nama nya efi saya ditolak.

    BalasHapus
  57. assalamualaikum.. maaf, saya mau curhat.. krna saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di majalaya bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah, uang sering dipinjam teman teman tp bnyk yg tdk mau bayar, shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja, nyari kerja lg sulit. di kampung saya di prwkerto buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung saya nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nurjanah (ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin.. dia memuja mantan cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat berisi kata kata kasar dan ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lewat surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. mungkin krna saya cucu paranormal sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah dll saya msh agak tegar tp saya kalau ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. saya skrng males nyari cewe dan nyari kerja krna trauma. selain itu hati saya dipenuhi kemarahan, kebencian dan dendam.. solusinya bgmana? wassalam..

    BalasHapus
  58. Kisah yang luar biasa dan menginspirasi! Saya menikah selama tujuh tahun tanpa anak. Karena itulah suami saya menyebut dirinya aneh dan tidak lagi menghabiskan waktu bersama saya, kemudian dia menceraikan saya. Saya menjadi sangat sedih dan saya hampir kehilangan hidup saya karena tidak ada cara bagi saya untuk hamil. Ini membuat hidup saya benar-benar tidak bahagia. sampai saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang DR.JAMES, menceritakan bagaimana dia membantu banyak wanita dengan masalah serupa yang saya alami. Saya memanggilnya: +2348052523829 dan menjelaskan kepadanya. Dia memberi tahu saya semua yang harus dilakukan untuk mengembalikan suami saya. Itu adalah keajaiban, 24 jam kemudian, suami saya kembali kepada saya dan meminta maaf untuk semuanya. Dia berkata, dia telah kembali untukku, aku memanggil DR.JAMES dengan cepat. dia mengatakan kepada saya bahwa dia memiliki obat herbal yang akan menyembuhkan segala penyakit yang tidak diinginkan dan infeksi yang telah menghentikan saya untuk hamil. Kemudian dia menginstruksikan saya tentang apa yang harus dilakukan sebelum bertemu dengan suami saya. Setelah memiliki ramuan dan akar asli ini, saya mulai merasakan tanda-tanda kehamilan, beberapa minggu kemudian. Saya benar-benar hamil. Saya baru saja melahirkan pada tanggal 1 bulan ini. Saya bersumpah untuk memberi tahu seluruh dunia tentang DR.JAMES yang membantu saya menyelamatkan pernikahan saya dan memberi saya anak-anak yang dengan bangga saya sebut sebagai milik saya hari ini. Untuk wanita yang mengalami ketidakmungkinan dalam pernikahan atau hamil harus menghubungi DR.JAMES, melalui e-mail: (drjamestempleofsolution@outlook.com). atau WhatsApp / hubungi dia melalui +2348052523829. Bahkan dia adalah seorang Dewa yang diutus untuk membawa kembali kekasih yang hilang dan membawakanmu keberuntungan ...

    BalasHapus
  59. Kisah yang luar biasa dan menginspirasi! Saya menikah selama tujuh tahun tanpa anak. Karena itulah suami saya menyebut dirinya aneh dan tidak lagi menghabiskan waktu bersama saya, kemudian dia menceraikan saya. Saya menjadi sangat sedih dan saya hampir kehilangan hidup saya karena tidak ada cara bagi saya untuk hamil. Ini membuat hidup saya benar-benar tidak bahagia. sampai saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang DR.JAMES, menceritakan bagaimana dia membantu banyak wanita dengan masalah serupa yang saya alami. Saya memanggilnya: +2348052523829 dan menjelaskan kepadanya. Dia memberi tahu saya semua yang harus dilakukan untuk mengembalikan suami saya. Itu adalah keajaiban, 24 jam kemudian, suami saya kembali kepada saya dan meminta maaf untuk semuanya. Dia berkata, dia telah kembali untukku, aku memanggil DR.JAMES dengan cepat. dia mengatakan kepada saya bahwa dia memiliki obat herbal yang akan menyembuhkan segala penyakit yang tidak diinginkan dan infeksi yang telah menghentikan saya untuk hamil. Kemudian dia menginstruksikan saya tentang apa yang harus dilakukan sebelum bertemu dengan suami saya. Setelah memiliki ramuan dan akar asli ini, saya mulai merasakan tanda-tanda kehamilan, beberapa minggu kemudian. Saya benar-benar hamil. Saya baru saja melahirkan pada tanggal 1 bulan ini. Saya bersumpah untuk memberi tahu seluruh dunia tentang DR.JAMES yang membantu saya menyelamatkan pernikahan saya dan memberi saya anak-anak yang dengan bangga saya sebut sebagai milik saya hari ini. Untuk wanita yang mengalami ketidakmungkinan dalam pernikahan atau hamil harus menghubungi DR.JAMES, melalui e-mail: (drjamestempleofsolution@outlook.com). atau WhatsApp / hubungi dia melalui +2348052523829. Bahkan dia adalah seorang Dewa yang diutus untuk membawa kembali kekasih yang hilang dan membawakanmu keberuntungan ...

    BalasHapus
  60. Min saya mau nanya apakah hukum nya wajib kah seorang wanita yg ingin di finang oleh seorang laki2 menayakan agama nya seorang laki2 tersebut...apakah sebalik nya...laki2 yg wajib menayakan itu

    BalasHapus
  61. Saya sangat senang membagikan kesaksian yang luar biasa ini tentang bagaimana saya mendapatkan kembali mantan saya dengan bantuan pria hebat bernama Ogbidi ini. dia memang seorang spell caster yang sangat kuat, saya terpisah dari suami saya dua tahun yang lalu karena ibu mertua saya. Terima kasih Tuhan telah menggunakan Dr. ogbidi untuk membawa kita kembali bersama untuk selamanya, suamiku sekarang mencintaiku lebih dari sebelumnya. Anda juga dapat menghubungi dokumen hebat ini untuk kesaksian Anda sendiri melalui email: ogbidihomeofsolution1@gmail.com atau whatsapp dia melalui: +2348052523829.
    Semoga Tuhan membantu Anda juga saat Anda menghubunginya. Terima kasih.

    BalasHapus
  62. assallammu'alaukum.wr.wb,hay kak,aku mau nanya kita sebagai perempuan kan harus menjaga diri kita dari fitnah ya kan kak,tpi saya bingung dengan anak jaman sekarang padahal dalam Qs.isra ayat 32,sudah di jelaskan bahwa jangan sesekali berbuat zina,contonya pacaran,aku mau nanya caranya mengingatkan mereka agar tidak terpengaruh oleh era globalisasi jaman sekarang kak,dan saya sangat sering di suruh teman saya untuk berpacaran,tpi saya menolaknya,gimana caranya menghindarinya kak

    BalasHapus

Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan Anda, Insya Allah Segera Kami Balas

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog