Senin, 26 Desember 2011

Berapa lamakah darah haid atu keluar dan ciri-cirinya?

Bagaimana kalau darah haid itu satu hari keluar satu hari mampet kadang 2 hari keluar 1 hari mampet dan seterusnya apakah harus tetap di cucikan?

JAWABAN :

Sebelum kami jawab, alangkah baiknya kami terangkan haid secara melebar agar lebih mengenal tentang darah haid.

HAID

Definisi Haid.

Arti lughowi : Mengalir.

Arti syar’I : Darah alami yang keluar dari ujung rahim pada saat sehat.

Keterangan : Darah yang keluar tidak secara alami bukan darah haid seperti darah yang keluar sebelum dan ketika melahirkan.

Usia minimal.

Usia wanita haid : Dimulai dari umur 9 tahun qamariyah taqribiyah.

Keterangan : Tahun qamariyah adalah tahun Hijriyah, sedangkan taqribiyah artinya untuk dapat mengalami haid tidak harus berumur 9 tahun persis, jadi jika darah keluar pada umur 9 tahun kurang 15 hari misalnya (masa yang tidak cukup untuk haid dan suci), maka darah tersebut sudah dihukumi haid.

Masa haid.

Minimal : Sehari semalam atau 24 jam.

Kebanyakan : 7 – 6 hari.

Maksimal : 15 hari.

Keterangan :• Darah yang keluar kurang dari 24 jam adalah darah istihadloh.

• Darah yang keluar lebih dari 15 hari adalah darah haid yang bercampur dengan darah istihadloh, maka harus diteliti lagi dengan mempelajari tujuh gambaran perempuan mustahadloh yang akan dijelaskan.

Masa suci antara dua haid.

Minimal : 15 hari.

Kebanyakan : Sisa hari-hari haid dalam sebulan.

Maksimal : Tidak terbatas.

Keterangan : Jika haid kedua datang sebelum masa suci sempurna 15 hari, maka darah itu bukanlah darah haid, wanita tersebut tetap dihukumi suci sampai sempurnanya masa suci 15 hari. Jika setelah masa suci sempurna darah tetap keluar, maka darah yang terakhir ini adalah haid.

Tanda berhentinya haid

: Suci dapat diketahui dengan memasukkan kapas ke Mrs.V. Jika tidak nampak bercak pada kapas berupa darah maupun warna kuning atau keruh maka haid telah usai.

Warna darah haid.

Warna haid : Hitam, merah, merah kekuning-kuningan, kuning dan keruh.

Keterangan : Ulama’ berbeda pendapat pada warna kuning dan keruh. Pendapat yang mu’tamad menyatakan haid.

Imam Al-Juwaini menjelaskan, “Kedua warna itu bukanlah darah melainkan cairan seperti nanah yang diatasnya ada warna kuning atau keruh”.

Penting : Penentuan masa haid, masa suci dan semua hukum-hukum yang berhubungan dengan haid adalah hasil penelitian Imam Syafi’i terhadap para wanita di zamannya, kemudian beliau rumuskan riset tersebut dengan dalil-dalil Alqur’an dan hadits sehingga timbullah ide-ide mengenai hukum-hukum haid.

Oleh karena itu, jika terjadi kebiasaan darah yang berbeda dengan ketentuan di atas pada seorang wanita atau para wanita di suatu daerah, maka kebiasaan tersebut tidak bisa mempengaruhi hukum haid yang telah ditentukan. Lebih baik menghukumi darah mereka sebagai darah fasad (penyakit), daripada harus merusak kaedah yang telah baku, karena penelitian ulama’ terdahulu tentu lebih sempurna.

YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA MELIHAT DARAH

Setiap melihat darah seorang wanita harus langsung meninggalkan larangan-larangan haid tanpa menunggu 24 jam. Selanjutnya, jika darah tersebut berhenti sebelum mencapai 24 jam maka dia harus menqodlo’ sholat yang dia tinggalkan karena terbukti ini bukan haid.

Kemudian jika darah tersebut keluar lagi sebelum 15 hari maka dia harus meninggalkan lagi larangan-larangan haid. Begitu seterusnya.

Adapun jika darah tersebut berhenti setelah mencapai 24 jam maka jelaslah bahwa ini haid. Dan saat ini dia wajib mandi, sholat, puasa (di bulan Ramadhan) dan boleh baginya bersetubuh dengan suaminya karena darah sudah berhenti.

Jika kemudian darah tersebut keluar lagi sebelum lewat 15 hari jelaslah sudah bahwa ibadah yang dia lakukan tadi tidak sah karena ternyata dia masih haid.

Namun dia tidak berdosa dengan persetubuhan yang telah dia lakukan, karena saat melakukannya secara dhohir dia telah suci

Demikianlah yang harus dilakukan wanita haid jika darahnya datang terputus-putus selama tidak melebihi 15 hari.

Setelah membaca keterangan di atas, maka dapat disimpulkan waktu haid maksimal adalah 15 hari 15 malam (360 jam). Oleh karena itu, jika darah keluar tidak lebih dari 15 hari maka waktu mulai keluar darah sampai 15 hari dihukumi haid. Namun jika masih keluar setelah 15 hari 15 malam, maka dinyatakan darah istihadhoh.

Apabila darah terputus-putus, maka setiap melihat darah berhenti diperinci sebagai berikut :
jika darah yang keluar telah mencapai paling sedikitnya haid yaitu sehari semalam (24 jam), maka wajib baginya untuk mandi, shalat dan puasa (di bulan Ramadhan), baik di bulan sebelumnya sudah pernah terjadi putusnya darah lalu keluar lagi ataukah belum pernah terjadi. Ini menurut pendapat Imam Ibn Hajar. Adapun menurut Imam Rofi’i jika di bulan sebelumnya pernah terjadi, maka tidak wajib mandi, shalat dan puasa.
jika darah yang keluar kurang dari 24 jam, maka darah tersebut adalah darah istihadhoh, sehingga tidak wajib mandi.

Apabila darah keluar lagi sebelum 15 hari (dari keluar darah pertama), maka menjadi jelas bahwa dia masih dalam keadaan haid, sehingga wajib mengqodho’ puasa yang telah dia kerjakan di waktu putusnya darah dan tidak wajib qodho’ shalat.

الإبانة والإفاضة / 20

النقاء المتخلل بين الدماء الحيض
اذا رأت الحائض يوما دما ويوما نقاء او ساعة دما وساعة نقاء وهكذا، فلا خلاف على المذهب ان ايام الدم حيض، ولا خلاف انها اذا رأت النقاء يجب عليها ان تغتسل وتصلي وتصوم، ويجوز للزوج وطؤها، لأن الظاهر بقاء الطهر وعدم معاودة الدم، واختلفوا في النقاء الذي يكون بين دمي الحيض، والأظهر انه حيض بالشروط التالية :
ان لا يجاوز الخمسة عشر يوما، فلو رأت الدم عشرة ايام ثم نقاء ولم يأتي الدم الا في السادس عشر، فالسادس عشر وما قبله ليس بحيض بل طهر لأن ذلك النقاء لم يعقبه دم في الخمسة عشر.
ان لا ينقص مجموع الدماء عن اقل الحيض، فاذا نقص مجموع الدماء عن يوم وليلة فهذا الدم دم استحاضة.

الإبانة والإفاضة / 20

ثانيا : متى يحكم لها بالطهر
كما ان المرأة تحيض برؤية الدم فانها تطهر بنقطاع الدم بعد بلوغ اقله، بأن خرجت القطنة نقية ليس عليها شيئ من آثار الدم، فتؤمر بالغسل والصلاة والصوم، ويحل وطؤها، فان عاد الدم في زمن الحيض تبين وقوع عبادتها في الحيض، فتؤمر بقضاء الصوم فقط، ولا اثم على الزوج بالوطء لبناء الأمر على الظاهر، ثم ان انقطع بعد ذلك حكم بطهرها، وهكذا ما لم يعبر الخمسة عشر.
وان اعتادت المرأة ان ينقطع الدم ثم يعود فانها لا تفعل وقت الإنقطاع شيئا مما مر، لأن الظاهر انها في هذا الشهر كالذي قبله، وهذا هو الذي رجحه الرافعي وقال عنه العلامة ابن حجر : انه وجيه
تحفة المحتاج في شرح المنهاج – (ج 4 / ص 254)

وَبِمُجَرَّدِ رُؤْيَةِ الدَّمِ لِزَمَنِ إمْكَانِ الْحَيْضِ يَجِبُ الْتِزَامُ أَحْكَامِهِ ، ثُمَّ إنْ انْقَطَعَ قَبْلَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بَانَ أَنْ لَا شَيْءَ فَتَقْضِي صَلَاةَ ذَلِكَ الزَّمَنِ وَإِلَّا بَانَ أَنَّهُ حَيْضٌ ، وَكَذَا فِي الِانْقِطَاعِ بِأَنْ كَانَتْ لَوْ أَدْخَلَتْ الْقُطْنَةَ خَرَجَتْ بَيْضَاءَ نَقِيَّةً فَيَلْزَمُهَا حِينَئِذٍ الْتِزَامُ أَحْكَامِ الطُّهْرِ ، ثُمَّ إنْ عَادَ قَبْلَ خَمْسَةَ عَشَرَ كَفَّتْ وَإِنْ انْقَطَعَ فَعَلَتْ وَهَكَذَا حَتَّى تَمْضِيَ خَمْسَةَ عَشَرَ فَحِينَئِذٍ تُرَدُّ كُلٌّ إلَى مَرَدِّهَا الْآتِي فَإِنْ لَمْ تُجَاوِزْهَا بَانَ أَنَّ كُلًّا مِنْ الدَّمِ وَالنَّقَاءِ الْمُحْتَوَشِ حَيْضٌ وَفِي الشَّهْرِ الثَّانِي وَمَا بَعْدَهُ لَا تَفْعَلُ لِلِانْقِطَاعِ شَيْئًا مِمَّا مَرَّ لِأَنَّ الظَّاهِرَ أَنَّهَا فِيهِ كَالْأَوَّلِ هَذَا مَا صَحَّحَهُ الرَّافِعِيُّ ، وَهُوَ وَجِيهٌ لَكِنَّ الَّذِي صَحَّحَهُ فِي التَّحْقِيقِ وَالرَّوْضَةِ وَهُوَ الْمَنْقُولُ كَمَا فِي الْمَجْمُوعِ أَنَّ الثَّانِيَ وَمَا بَعْدَهُ كَالْأَوَّلِ .

تحفة المحتاج في شرح المنهاج – (ج 4 / ص 255)

(قَوْلُهُ قَبْلَ خَمْسَةَ عَشَرَ ) أَيْ مُجَاوَزَتُهَا ( قَوْلُهُ فَالثَّلَاثَةُ الْأَخِيرَةُ دَمُ فَسَادٍ ) شَامِلٌ لِلْمُبْتَدَأَةِ أَيْضًا ، وَكَتَبَ شَيْخُنَا الْبُرُلُّسِيُّ بِهَامِشِ شَرْحِ الْمَنْهَجِ مَا نَصُّهُ اُنْظُرْ هَذَا مَعَ قَوْلِهِمْ آخَرَ الْبَابِ فِي مَسْأَلَةِ الدِّمَاءِ الْمُتَخَلِّلَةِ بِالنَّقَاءِ إذَا زَادَتْ عَلَى خَمْسَةَ عَشَرَ بِالنَّقَاءِ فَهِيَ اسْتِحَاضَةٌ ا هـ أَقُولُ يَخُصُّ ذَاكَ بِهَذَا وَانْظُرْ لَوْ كَانَ الدَّمُ الْمَرْئِيُّ بَعْدَ النَّقَاءِ سِتَّةً مَثَلًا فَهَلْ يُجْعَلُ الزَّائِدُ عَلَى تَكْمِلَةِ الطُّهْرِ حَيْضًا لَا يَبْعُدُ أَنْ يُجْعَلَ .( قَوْلُهُ مَا لَوْ اسْتَمَرَّ ) لَوْ اسْتَمَرَّ سِتَّةً فَقَطْ مَثَلًا هَلْ يَكْمُلُ الطُّهْرُ بِثَلَاثَةٍ مِنْهَا وَالْبَاقِي حَيْضٌ أَوْ كَيْفَ الْحَالُ وَلَا يَبْعُدُ الْأَوَّلُ ، وَقَوْلُهُ كَمَا قَالُوهُ إلَخْ لَوْ كَانَتْ عَادَتُهَا خَمْسَةً مِنْ أَوَّلِ الشَّهْرِ فَرَأَتْ ثَلَاثَةً دَمًا مِنْ أَوَّلِهِ ، ثُمَّ أَرْبَعَةَ عَشَرَ نَقَاءً ، ثُمَّ عَادَ الدَّمُ وَاسْتَمَرَّ فَهَلْ نَقُولُ يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ مِنْ أَوَّلِ الْعَائِدِ طُهْرٌ ، ثُمَّ تَحِيضُ ثَلَاثَةً وَيَسْتَمِرُّ دَوْرُهَا ثَمَانِيَةَ عَشَرَ ، وَقَدْ تَغَيَّرَتْ عَادَتُهَا كَمَا هِيَ مُتَغَيِّرَةٌ فِي مِثَالِهِمْ الْمَذْكُورِ يَنْبَغِي نَعَمْ ( قَوْلُهُ عَمِلَتْ بِعَادَتِهَا ) اُنْظُرْ لَوْ لَمْ يُمْكِنْ الْعَمَلُ بِعَادَتِهَا كَأَنْ كَانَتْ وَالتَّمْثِيلُ مَا ذَكَرَ خَمْسَةً مِنْ أَوَّلِ الشَّهْرِ وَلَعَلَّهَا تَنْتَقِلُ . ( قَوْلُهُ يَجِبُ الْتِزَامُ أَحْكَامِهِ ) ، وَمِنْهَا وُقُوعُ الطَّلَاقِ الْمُعَلَّقِ بِهِ فَيَحْكُمُ بِوُقُوعِهِ بِمُجَرَّدِ رُؤْيَةِ الدَّمِ ، ثُمَّ إنْ اسْتَمَرَّ إلَى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَأَكْثَرَ اسْتَمَرَّ الْحُكْمُ بِالْوُقُوعِ وَإِنْ انْقَطَعَ قَبْلَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بِأَنْ لَا وُقُوعَ فَلَوْ مَاتَتْ قَبْلَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَهَلْ يَسْتَمِرُّ حُكْمُ الطَّلَاقِ ؛ لِأَنَّا حَكَمْنَا بِمُجَرَّدِ الرُّؤْيَةِ بِأَنَّ الْخَارِجَ حَيْضٌ وَلَمْ يَتَحَقَّقْ خِلَافُهُ وَمُجَرَّدُ الْمَوْتِ لَا يَمْنَعُ كَوْنَهُ حَيْضًا بِخِلَافِ الِانْقِطَاعِ فِي الْحَيَاةِ أَوْ لَا يَسْتَمِرُّ لِاحْتِمَالِ أَنَّهُ غَيْرُ حَيْضٍ وَالْأَصْلُ بَقَاءُ النِّكَاحِ فِيهِ نَظَرٌ . ( قَوْلُهُ كَفَتْ ) أَيْ عَنْ أَحْكَامِ الطُّهْرِ وَقَوْلُهُ ، وَإِنْ انْقَطَعَ أَيْ دَامَ الِانْقِطَاعُ . ( قَوْلُهُ تُمْضِي خَمْسَةَ عَشَرَ ) أَيْ تُجَاوِزُهَا ( قَوْلُهُ وَفِي الشَّهْرِ الثَّانِي إلَخْ ) هَذَا مَفْرُوضٌ فِي الرَّوْضِ وَغَيْرِهِ فِيمَا إذَا لَمْ تُجَاوِزْهَا .( قَوْلُهُ لَا تَفْعَلُ لِلِانْقِطَاعِ شَيْئًا ) أَيْ بَلْ يَثْبُتُ لَهُ مَا ثَبَتَ لَهُ فِي الشَّهْرِ الْأَوَّلِ بِدَلِيلِ قَوْلِهِ لِأَنَّ الظَّاهِرَ إلَخْ بِخِلَافِهِ عَلَى مَا فِي التَّحْقِيقِ وَغَيْرِهِ ( قَوْلُهُ كَالْأَوَّلِ ) أَيْ فَيَلْزَمُهَا فِي الِانْقِطَاعِ أَحْكَامُ الطُّهْرِ وَفِي الدَّمِ أَحْكَامُ الْحَيْضِ
Posted by Uswah On 1:16 AM 41 comments

41 komentar:

  1. saya wanita yg ikut program kb, haid keluar terputus putus,misal pagi keluar darah siang berhenti mlm keluar darah lagi. dan terus menerus sampai 9 hari kadang lebih. yang saya tanyakn apakah darah tersebut darah haid karna saya kesulitan menghitung waktu total keluarnyadarah, dan bagaimana jk saya lupa tanggal siklus haid bulan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu.. darah haid yang keluar minimal 24 jam falakiyah (istiwa') baik 24 jam itu terus menerus (ittishal mu'tad) ataupun terputus-putus ('adamul ittishal mu'tad). jadi 24 jam itu boleh tidak keluar mulai awal sampai 24 jam. tapi kumpulan darah yang putus2 dalam beberapa hari tidak boleh lebih dari 15 hari.. jadi darah yang dikeluarkan ibu saat ini adalah darah haid.. (AL-Bajuri, juz 1)

      Hapus
    2. Saya ikut program kb 3 bulan. Sudah waktunya haid ( suci sudah lbih dari 15 hri 15 mlm) ktika kluar darah hri pertma hnya bercak keesokn harinya jg bercak darah. Smpe 5 hari. Hri ke 6, 7 ,8 darah yg kluar smkin sering. Walaupun ada jeda. Itu termasuk haid kan atau isthdoh...?

      Hapus
  2. saya mau bertanya,apabila kebiasaan haid 8 sd 9 hari lalu suci selama 1 sd 2 hari lalu keluar lendir spt keputihan berwarna kuning hingga coklat tua tp keluarnya lendir tsb tdk secara terus menerus,hanya sekali waktu saja,misal 1hari hanya keluar pagi saja,lalu esoknya jg seperti itu..apakah keluarnya lendir yg kedua ini termasuk haid atau bkn? Trimakasih

    BalasHapus
  3. kalau pas kita melihat ada bercak-bercak berwarna cokelat gelap pada cd
    apa itu darah haid? apakah shalat nya tidak sah? haruskah untuk tidak sholat?

    BalasHapus
  4. saya ibu yg ikut program kb..sudah 2 minggu ini saya keluar darah tidak berhenti-berhenti...katanya itu memang efek dari kb tadi..yg ingin saya tanyakan apakah saya harus tetap sholat dan puasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhn izin turut membantu menjawab admin. Larangan puasa dan shalat hanya saat kita dalam haid. Bila darah itu keluar saat haid maka darah itu haid dan terlarang shalat puasa, tetapi jika keluar di luar periode haid maka itu darah istihadhah. Ibu wajib berwudhu setelah masuk waktu shalat setiap kali akan shalat. Sebelum berwudhu, mencuci dulu kemudian kenakan pembalut. Silahkan baca selengkapnya hukum berkaitan dengan ini di http://kainshofy.com/ebook-store/60-pertanyaan-dan-jawaban-hukum-haid-dan-nifas

      Hapus
    2. Saya mens tgl 6-13. Suci tgl 14-19 mlm. Trus tgl 19 mlm mens lagi. Bagaimana hukumnya. Karna ini sedang puasa ramadan. Trims.
      Ika

      Hapus
  5. Sy seorang ibu dlm 1 bln ini sy dtg bln 3x yg prtma 16 February slma 7 hr sy dtg bln,kemudian hnya 4 hr sy suci n tgl 26 February sdh dtg bln lg slma 7 hr n suci hnya 5 hr n tgl 9 maret sy sdh dtg bln lg.Sy bertanya apakah saat ini haid ketiga sy termasuk istihadhah?Apakah sy blh sholat?Trus apakah darah yg kluar itu penyakit ?Krn dokter blng ada kista ovarium di rahim sy sbesar 2,5 cm,,,,darah yg kluar ketika sy haid hnya sdikt demi sedikit,,,,

    BalasHapus
  6. Saya ibu yg ikut program kb,sya mw tnya haid sya sdh hmpir 2 minggu tp sdah brhnti n sya mnsucikn dri lalu berpwsa,,,tp mlmnya stlah shlat isya jam 9 lwat keluar drah lg,,,sy hrus gmana dan pwsa yg tdi apa hrus diqodlo?

    BalasHapus
  7. Bagaimana klo masa auci nya hnya 24 jam saja

    BalasHapus
  8. Sy ikut jg suntik kb,tp haid sy jd tdk teratur,hampir masuk 2 bln sy keluar haid trs,apakah itu jg disbut haid ya?mhon penjelasannya.trima kasih

    BalasHapus
  9. saya mahu bertnya di sini sekiranya haid sy keluar 1-3 hari. ... masuk hr ke4 hingga ke 5 dia berhenti. tp pd hr ke 6 dia mula keluar semula seperti lendir warna kehitaman/coklat dtg nya sikit demi sedikit tidak byk tp akan dtg terus melebihi 15 hari. ..sy agak mushkil adakah ini darah haid atau sebaliknya sbb agak merisaukan sy utk sy bersolat

    BalasHapus
  10. Assalmualaikum ustaz saya hanya keluar darah ketika saya berhubungan intim dengan suami...dah dua kali jadi macam ni...ape hukumnya...bolehkah saya ber solat?

    BalasHapus
  11. Assalmualaikum ustaz saya hanya keluar darah ketika saya berhubungan intim dengan suami...dah dua kali jadi macam ni...ape hukumnya...bolehkah saya ber solat?

    BalasHapus
  12. Saya ingin bertanya... Kalo mens keluar coklat muda dan kadang coklat kehitaman dan berlangsung sampai 15 hari,apa itu termasuk mens??

    BalasHapus
  13. Saya ingin bertanya ... Kalau mens coklat muda dan kadang kehitaman berlangsung selama 15 hari apakah itu mens??

    BalasHapus
  14. Udah sebuln haid...trus sehri sempet ikut puasa eh..tiba2 kluar kecoklatan lagi bolehkah berpuas

    BalasHapus
  15. Dibulan puasa ini saya dapat haid 2X
    Pada awal tanggal
    dan sekarang ada lagi
    tapi malam saja lepas buka pukul 10 malam sedikit saja
    pagi harinya sudah ta ada lagi
    ini berlangsung sudah 4 malam
    Apa dibolehkan saya puasa

    BalasHapus
  16. saya ibu yang menyusui,saya kb suntik 3 bulan namun hanya sekali setelah lahiran,dan sekarang saya tidak kb,saya bingung dengan siklus haid saya,misal hari pertama keluar darah sudah 24jam lebih,lalu berhenti dan saya mandi wajib.setelah 2hari berikutnya keluar darah lagi namun tidak sampai 24jam.apakah keluar darah yang kedua ini termasuk istikhadoh atau haid,soalnya semenjak lahiran satu tahun yang lalu siklus haid saya sangat tidak teratur.

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum....,, admin, tanya seputar haid, saya ibu rumah tangga , umur 42 th anak 1 umur 15 th, tidak pernah kB, dulu kebiasaan saya kalau haid 7 hari selesai, tapi 4 tahun belakangan ini, saya haid nya berkepanjangan, dimana darah segar keluar hari 1_ 3, selebihnya coklat sampai keluar darah segar lagi pada bulan berikutnya, kadang keluar cairan enncer keruh, kadang lendir coklat, kadang flek coklat, jadi g ada bersih2nya, yg saya tanyakan bolehkah saya menganggap sucinya dari kebiasaan saya haid yaitu 7 hari, selebihnya saya anggap istihadah, mohon pencerahannya, karena saya bingung, sukron wa Jazakumulllah khoiron katsir

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    Saya ibu yg memakai spiral ,saya bingung dengan haid saya bagaimana solat dan puasa saya misalnya haid saya datang di hari pertama pagi dan sore saja dan besok juga kadang hanya siang dan sore d hari k 4 dan 5 baru deras apkah d hari pertama solat saya sah dan puasa saya sah karena jam haid saya tirak teratur???

    BalasHapus
  19. Saya haid tidak teratur selama ini. Haid selama 7 hari, 3 hari kemudian keluar darah segar atau flek kecoklatan. Gimana hukumnya sholat dan puasa?

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum..saya merancang keluarga menggunakan kaedah injection..apabila demikian dtg haid itu tidak teratur dan darah nya tidak sama banyak spt haid norrmal..cth sy dtg haid pada 5hb..dtg setompok sahaja di pantiliner..setiap hari begitu..pagi pakai pad tiada..bila ptg ada..mlm tiada..begitulah bersilih ganti..ttp darah itu tetap ada..setiap hari ke 15..sy rasa mahu mandi wahib ttp darah nya turun lebih sedikit pula pula berba nding biasa dan mmasih ada sehingga hari ke 20..bagaimana tu?haruskah sy mandi wajib dan jalani kehidupan ibadah cth membaca al quran seperti sy sedang suci dari haid?tq

    BalasHapus
  21. Sya ibu rumah tangga kalau malam tidak keluar darah tapi kalau siang keluar darah seperti selingan itu dari hari pertama keluar,apakah selama tdak keluarny darah di bolehkan solat?

    BalasHapus
  22. Saya mau tanya seorang gadis keluar darah dari rahimnya dari tgl 7 Oktober samapai 24 oktober bagai manan hukum nya kelur darah tersebut jelas kan

    BalasHapus
  23. Masukkan komentar Anda...darah keluar 15 hari berhenti 5 hari terus keluar lagi pertanyaannya darah yg keluar darah apa ya soalnya pake KB implan mohon penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
  24. Haid saya kemarin keluar pagi saja, hr ini sore saja, keluar hanya flek hitam saja, gimana hukum sholatnya?

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum... Mohon maaf mau brtanya, gini sya kan ikut kb yg 3 bln, trus haid saya ndak tratur kdang hari prtama kluar jam 12 hari ke 2 kluar pagi skitar jam 8, hari ke 3 ndak kluar hari ke 4 keluar skitar jam 4,dan sterusnya ndak kluar lg.bgaiman princianya apakah sya istihadoh atau haid mohon jwban.a... krna sya masih agak bingung.. .

    BalasHapus
  26. Asalamuallaikum.. saya seorang ibu anak 2 mau bertanya.
    Saya datang bulan dr tgl 18 tgl 22 sudah berhenti tgl 23 saya kandi suci dan sudah sholat zuhur lalu melakukan hubungan intim dg suami kemudian darah keluar lg pas saat sholat azhar rokaat ke4
    terasa mengalir.
    Yg saya khawatirkan, apakah saya berdosa saat melakukan sholat darah keluar lg (benar2 tidak tahu). Akhirnya setelah selsai sholat azhar pas saya menyumpal tissu darah segar keluar saat rokaat ke4 itu..
    Memang blm genap 7 hari terhitung baru 6 hari karna sudah stop saya fikir haid selesai.
    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  27. Asalamuallaikum.. saya seorang ibu anak 2 mau bertanya.
    Saya datang bulan dr tgl 18 tgl 22 sudah berhenti tgl 23 saya mandi suci dan sudah sholat zuhur lalu melakukan hubungan intim dg suami kemudian darah keluar lg pas saat sholat azhar rokaat ke4 terasa mengalir.
    Yg saya khawatirkan, apakah saya berdosa saat melakukan sholat darah keluar lg (benar2 tidak tahu). Akhirnya setelah selesai sholat azhar pas saya menyumpal tissu darah segar keluar saat rokaat ke4 itu..
    Memang blm genap 7 hari terhitung baru 6 hari karna sudah stop saya fikir haid selesai.
    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  28. saya suntik kb 3 bulan .setelah siklus haid setiap 14 hari suci keluar darah flek...apakah boleh shalat dan puasa

    BalasHapus
  29. Saya di KB suntik 3 bulan. Dari tgl 10 saya keluar flek yg sangat sedikit. Yg saya tahu darah seperti itu bukan haid, maka saya tidak membatalkan puasa. Begitupun dengan bersuci, saya tidak melakukannya karena saya meyakini itu bukan darah haid. Dan ternyata keesokan harinya tdak ada lg bercak itu. Tapi tgl 12nya ternyata ada lg fleknya. Lalu keesokkannya tidak ada lg. Begitu terus sampai tgl 16 lalu. Jd, sehari ada sehari tidak. Saya jd ragu, flek itu termasuk haid atau bukan? Terima kasih

    BalasHapus
  30. Asalamualaikum , mohon pencerahannya , saya haid sudah hampir 15 hari, dari tgl 5-9 saya haid lalu tgl 10 kering tdk haid, tapi malem nya ngplek lagi, terus besoknya haid lagi sprti biasa. Sampai skrg tgl 19 masih haid. Ini udah trmasuk darah istihadhah bukan yah ?

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya mengenai haid
    Ketika masa istihadoh lalu keluar darah dengan ciri2 haid apakah itu ttap di sebut istihadoh?
    Saya haid tgl 9-13mei
    Lalu suci
    Tgl 22 muncul flek dan tgl 23 muncul lagi darah haid yg menggumpal
    24-29 hanya flek kecoklatan
    30 muncul lagi darah yg menggumpal
    Nah untuk menghitung masa istihadoh nya bagaimana ya?

    BalasHapus
  32. Saya dri hri prtma haid smpai 11 hri ini kluar kecoklatan saja. Dlm 11 hri kcoklatan itu bukn kluar stiap hri nya bisa 4hri brtrut trun bisa 2hri tdk ad kmdian ad lg. Mcm mna syg mananggapinya ktika sya sudh mndi wajib kmdian sholat tiba2 kcoklatan mncul. Apkah sya hrus mndi wajib stiap kli ingin sholat. Mohon jwabannya

    BalasHapus
  33. Bismillah,,saya sudah melahirkan 2 tahun yg lalu, tapi haidnya baru 3 bulan tetakhir ini dan sering haid 2 kali sebulan,disetiap bulanx haid yg pertama lancar setelah brsuci kadang 2 mnggu kemudian haid lagi tpi gak lancar dan putus2,, kadang keluar haid dipagi hari trus siangx nggak lagi sampai subuh, jd aku bersuci dan sholat subuh tapi beberapa jam kemudian keluar lagi sedikit darah.. Yg aku mau tanyakan darah yg keluar terputus itu haid atau bukan,, dan berdosakah saya krn sholatku jg putus2 gegara darah yg keluar terputus2 itu??? Mohon bantu jawab

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum...saya nak bertanya sedikit...saya datang haid selama 7 hari...kemudian selang 8 hari darah coklat keluar tetapi selama 2 hari sahaja...hari ketiga darah merah dan beku sampai sekarang...adakah itu tidak teratur?

    BalasHapus
  35. assalamualaikum saya nak tanya ..saya ada twngok dengan kapas ada lagi darah tak lama lepastu saya tengok balik dah takde biase drh 5hari je adekah saya perlu tunggu keputihan keluar ataupun terus mandi wajib ..mohon jwpn.terima ksih&

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum. Kondisi diatas mirip dengan yang selalu saya hadapi setiap bulan. Ketika datang masa haid, selalu didahului dengan keluar darah sedikit. Kemudian tidak keluar lagi. Dan baru mulai keluar lagi esok nya atau bisa juga setelah 2 hari.baru kemudian lancar sampai habis masa haid saya. Saya biasa menunggu sampai besok paginya, kalau tidak ada baru saya mandi. Pertanyaan saya apakah harus mengqadha sholat yg saya tinggalkan , ketika masa saya menunggu?

    BalasHapus
  37. maaf pk admin tolong terjemahkan dalil kutab syrul minhaj

    BalasHapus

Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan Anda, Insya Allah Segera Kami Balas

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog